Blibli Gaet Milenial dan Gen Z, Mau Apa?

Blibli.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Blibli ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan sejak 2020 yang dimulai dengan peluncuran program 'Blibli Cinta Bumi' untuk mendorong konsumen menerapkan gaya hidup yang lebih sadar lingkungan.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Melalui program ini masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam layanan pengumpulan sampah (waste collection services), diikuti upaya internal untuk mengelola sampah yang terkumpul menjadi filler packaging, serta konversi jumlah sampah yang dikumpulkan dari pelanggan untuk program penghijauan di berbagai lokasi di Indonesia.

Untuk menggaet milenial dan gen  Z, kali ini Blibli Cinta Bumi hadir dalam perhelatan tahunan bergengsi, Jakarta International BNI Java Jazz Festival (JJF), yang digelar pada 2-4 Juni 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

"Blibli mengajak para pengunjung untuk mendukung ekonomi sirkular melalui gerakan Blibli Cinta Bumi, sebuah inisiatif berkelanjutan perseroan dengan mengumpulkan dan mengelola sampah kertas dan plastik selama acara berlangsung," ujar Senior Operations Business Intelligence Manager Blibli Ignacia Chiara Irawan di Jakarta, Jumat malam, 2 Juni 2023.

Pada Java Jazz Festival tahun 2022, bersama Greeners perusahaan berhasil mengumpulkan lebih dari 6,3 ton sampah selama penyelenggaraan, di mana sebanyak 200 kilogram sampah, meliputi botol plastik dan kardus didaur naik menjadi barang-barang fesyen oleh UMKM lokal yang mempekerjakan komunitas perempuan termarjinalkan.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Blibli ajak pengunjung BNI Java Jazz festival mengumpulkan sampah.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Bahkan, inisiatif ekonomi sirkular ini tak hanya membawa dampak positif pada lingkungan tapi juga membawa dampak ekonomi berupa peningkatan pendapatan hingga lima kali pada komunitas perempuan termarjinalkan yang terlibat.

Tahun ini startup milik Grup Djarum tersebut menunjukkan semangat hijau tersebut dengan memajang produk daur naik di booth Blibli.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat dan memiliki produk artisan ramah lingkungan hasil karya UMKM dan merek global pada laman khusus Eco Hub Blibli Cinta Bumi.

Program ini telah berhasil mengumpulkan 30 ribu kemasan kardus bekas di sepanjang 2022 atau lonjakan partisipasi tiga kali dibanding tahun sebelumnya.

Blibli juga menerapkan kebijakan hijau berupa konversi 10 kardus bekas belanja online yang setara dengan satu bibit pohon.

Adapun per akhir tahun lalu, Blibli tercatat telah menanam 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah, yang berkolaborasi dengan Djarum Foundation Bakti Lingkungan.

Blibli kemudian memperluas upaya hijaunya dengan mengolah sekitar 2,6 ton sampah plastik yang dikumpulkan bersama mitra usaha dari berbagai acara publik (konser ataupun eksibisi) menjadi produk dengan kemanfaatan baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya