Meski Banyak Sensasi, Startup Elon Musk Bernilai Rp74 Triliun

Neuralink.
Neuralink.
Sumber :
  • YouTube

VIVA Tekno – Startup implan otak milik Elon Musk, Neuralink, yang bernilai hampir US$2 miliar (Rp29 triliun) dalam putaran penggalangan dana pribadi dua tahun lalu, sekarang bernilai sekitar US$5 miliar (Rp74 triliun) berdasarkan perdagangan saham yang dilakukan secara pribadi.

Polda Jateng Ungkap Korupsi Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan, Negara Rugi Rp4,9 M

Beberapa pembelian oleh investor bullish mendorong valuasi dalam beberapa bulan terakhir, menjelang pengumuman Neuralink pada 25 Mei bahwa regulator Amerika Serikat (AS) telah menyetujui uji coba pada manusia untuk menanam chip pada otaknya.

Para ahli mengatakan perlu waktu beberapa tahun bagi Neuralink untuk mendapatkan izin penggunaan komersial. Kip Ludwig, mantan Direktur Program untuk Rekayasa Saraf di Institut Kesehatan Nasional AS (NIH), mengatakan bahwa dirinya optimis Neuralink membutuhkan setidaknya 10 tahun lagi untuk mengkomersialkan implan otaknya.

Pemerintah Larang Tiktok Shop, Cak Imin: Gegabah

Perusahaan juga menghadapi tantangan lain yang mencakup penyelidikan federal dalam penanganan penelitian hewan, menurut situs The Star, Selasa, 6 Juni 2023.

Namun, setelah persetujuan uji coba, saham Neuralink dipasarkan secara pribadi kepada investor dalam beberapa hari terakhir dengan penilaian US$7 miliar (Rp103 triliun) atau setara dengan $55 (Rp815 ribu) per saham.

ASDP Buka Peluang Investasi Rp 4,5 Triliun di Bakauheni Harbour City
Elon

Elon

Photo :
  • 1482668

Laporan tersebut mengutip persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) atas uji klinis tersebut sebagai dasar untuk kesepakatan yang 'lebih manis'.

Elon Musk telah menyatakan ambisi besar untuk Neuralink, mengatakan chipnya untuk mengobati obesitas, autisme, depresi, dan skizofrenia.

Dia bahkan melihat teknologinya bisa digunakan untuk penjelajahan web dan telepati. Seorang eksekutif Neuralink baru-baru ini memberikan tujuan jangka pendek yang lebih sederhana, seperti membantu pasien lumpuh berkomunikasi melalui teks terkomputerisasi tanpa mengetik.

Transaksi saham dengan penilaian sekitar US$5 miliar telah dilakukan oleh pemegang saham seperti karyawan dan pendukung awal perusahaan, daripada Neuralink menjual saham baru kepada investor.

Dalam penggalangan dana terakhir Neuralink yang diketahui pada 2021, perusahaan mengumpulkan US$205 juta (Rp3 triliun) dengan penilaian sekitar US$2 miliar, menurut penyedia data Pitchbook.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya