Efisien Lewat Marketplace Logistik

Marketplace.
Sumber :
  • Salesforce

Jakarta – Tren logistik diproyeksi akan terus berkembang pesat seiring dengan kemajuan ekonomi dan teknologi global.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Tren utama industri tersebut saat ini adalah automation (pemanfaatan robot), mengatasi kekurangan tenaga kerja, dan teknologi pelacakan secara real-time untuk manajemen rantai pasok yang efisien.

Penting bagi perusahaan logistik mengadopsi teknologi baru agar tetap kompetitif di pasar global yang penuh persaingan.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Perusahaan rintisan berbasis teknologi logistik yang mengoperasikan marketplace truk dan kargo skala besar, Deliveree, mengklaim menerapkan digitalisasi logistik agar biaya operasional perusahaan lebih efisien.

"Digitalisasi logistik membuat transportasi kargo jadi sederhana, terjangkau, fleksibel, dan terukur. Kami punya marketplace yang menghubungkan pelanggan logistik dengan jaringan angkutan dan penyedia layanan besar, atau disebut logistics mega marketplace," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Deliveree Tom Kim, dalam keterangan resminya, Kamis, 13 Juli 2023.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Layanan Deliveree.

Photo :
  • VIVA/Agus Tri Haryanto

Kali ini, Deliveree dan Persero Batam mengumumkan kemitraan untuk menghadirkan digitalisasi dan AI generasi berikutnya ke pasar truk di Batam.

Keduanya juga akan meluncurkan sekaligus mengoperasikan aplikasi trucking serta marketplace Logistika Deliveree mulai Agustus 2023 di seluruh Kota Batam.

Kemitraan ini bertujuan untuk mendukung Ekosistem Logistik Nasional (NLE) dan Ekosistem Logistik Batam (BLE) yang mengacu pada Keputusan Presiden atau Keppres Nomor 5/2020. Dengan Logistika Deliveree, maka pengirim dapat memesan truk boks dan prime mover melalui trailer di Batam.

Adapun fasilitas yang disediakan marketplace tersebut antara lain untuk kebutuhan impor, ekspor, maupun kargo jalan raya dengan pengalaman digital sepenuhnya yang mencakup penugasan ke vendor profesional, serta pelacakan map secara langsung untuk truk dan kargo.

Kemudian, tanda tangan dan foto digital, pembayaran atau faktur online, surat jalan elektronik, perangkat komunikasi live chat, hingga dukungan customer service yang siap sedia 24/7.

Vendor truk akan mendapatkan keuntungan dari AI pengoptimal jadwal pada aplikasi yang merekomendasikan pemesanan kepada setiap vendor sesuai dengan lokasi, jadwal, dan ketersediaan armada mereka guna meningkatkan utilisasi truk secara substansial.

"Artinya, bagi vendor truk berkurangnya waktu menganggur armada, berkurangnya truk kosong di jalan, dan bertambahnya pendapatan. Situasi ini tentu saling menguntungkan kedua belah pihak yang belum pernah terjadi sebelumnya," jelas Kim.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, teknologi Deliveree juga menghadirkan fitur-fitur pengirim barang seperti pemesanan truk sesuai permintaan maupun terjadwal, penugasan armada yang cepat, live map tracking dan pembaruan status, serta digitalisasi informasi untuk mengelola dan mengoptimalkan pengiriman.

Sementara itu, Direktur Utama Persero Batam, Arham S Torik, menambahkan jika Logistika Deliveree mempertemukan ribuan pengirim dan vendor truk di Batam untuk memastikan truk-truk dapat diutilisasikan sepenuhnya dan sesedikit mungkin berjalan dalam keadaan kosong.

Efisiensi ini akan memperkuat dan mendorong sektor jasa logistik yang lebih kompetitif di Batam, sehingga dapat menarik lebih banyak investasi dan pertumbuhan, sekaligus menjadikan Batam semakin kompetitif di kancah global.

"Hal yang paling mengesankan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menggunakan AI dalam mengatur ribuan pemesanan truk harian dan menugaskannya ke truk dan trailer di waktu dan lokasi yang tepat sehingga truk-truk tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin dan kosong sesedikit mungkin," papar dia.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya