E-Commerce Ini Ekspor 20 Juta Produk Lokal ke Mancanegara

Shopee.
Sumber :
  • Antara

VIVA Tekno – Data Kementerian Koperasi dan UKM (usaha kecil dan menengah) pada September 2022 menyebutkan bahwa kontribusi ekspor dari UMKM mencapai 15,7 persen dan punya potensi besar untuk ditingkatkan.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Director and Country Head Sea Group Indonesia Kiky Hapsari menjelaskan Sea Group selaku perusahaan induk e-commerce Shopee memiliki komitmen untuk mengembangkan dan memperkuat UMKM lokal.

"Kami terus berusaha memberikan kemudahan akses melalui jaringan global dan teknologi kami, salah satunya adalah membuka akses ekspor yang membantu UMKM lokal dapat bersaing di panggung dunia," ujarnya di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Tujuan dari gerakan ini adalah membuka ruang kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Shopee di 10 kota.

Sebanyak 20 juta produk lokal telah tergabung dalam Program Ekspor Shopee dan dapat dibeli pembeli di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin. Shopee juga baru saja menggelar gerakan ekspor UMKM Shopee serentak 10 kota.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya peluang kolaborasi agar bisa memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang tersebar di 10 kota di Indonesia.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Pelatihan serentak digelar secara langsung dan diikuti oleh 1.000 UMKM di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Malang, Makassar, dan Denpasar. Ini juga diharapkan dapat membuka akses pasar ekspor bagi produk UMKM lokal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam sambutannya menjelaskan peran Shopee dalam meningkatkan daya saing UMKM lokal di dalam dan luar negeri melalui teknologi Shopee.

"Sejak menghadirkan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di 10 kota, kami melihat secara langsung besarnya antusiasme pelaku UMKM yang ingin terus berkembang dengan mengikuti pelatihan yang kami berikan," katanya.

Dalam 2 tahun terakhir, jumlah UMKM meningkat dua kali lipat dan jumlah produk yang diekspor konsisten mencapai jutaan produk setiap bulannya.

Hal ini menginspirasi e-commerce yang identik dengan warna oranye itu untuk memberikan lebih banyak kemudahan bagi UMKM agar bisa belajar dan siap ekspor dengan menghadirkan Bimbel Shopee Ekspor.

“Shopee berharap dengan kehadiran program baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera merah putih di panggung dunia. Kami ingin terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya