Menyambut Indonesia Emas dengan SDM Berkualitas

Ilustrasi SDM berkualitas.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Dewasa ini, pengembangan diri menjadi hal yang signifikan bagi setiap individu. Slogan Indonesia Emas 2045 menjadi hal yang utopis bila tidak dibarengi dengan program yang nyata.

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Oleh karena itu, sumber daya manusia (SDM) saat ini dan yang akan datang dituntut untuk memiliki daya adaptasi yang tinggi dalam mengembangkan kapasitas diri serta penguasaan ragam kompetensi yang relevan.

Berkembangnya seorang individu sudah selayaknya dicapai dengan cara bermakna dan membuahkan hasil berkelanjutan. Sehingga kunci keberhasilan individu dapat dilihat dari adanya proses internalisasi pengetahuan, beriterasi menjadi kebiasaan, dan menguat menjadi kompetensi.

Cathy Sharon Blak-blakan! Ungkap Transformasi Diri Jadi Single Mom

Berbekal riset-riset terindeks jurnal internasional pada program doktoral People & Knowlege Management SBM ITB yang mengadaptasi framework Action Learning & Knowledge Creation, Zulfikar Alimuddin, Chairman The New You Institute, hingga kini terus mengembangkan proses belajar bermakna yang menjadi fokus utama lembaganya.

Tak hanya bersiap menjemput Indonesia Emas 2045, pesatnya perubahan zaman membuat Zulfikar Alimuddin bersama tim merangkum tahapan belajar yang komprehensif, N.E.W Learning Journey, sebagai suatu urutan yang padu mulai dari Need Analysis, Exploration, hingga bermuara pada tumbuhnya Wisdom.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Terdapat 4 fase yang disebut dengan 4H (Head, Heart, Hand, Habit) pada tahapan Exploration. Keempatnya saling menguatkan bagi individu agar semakin memahami pengetahuan yang dipelajari dan memudahkan dirinya untuk menginternalisasi, hingga dengan mudah diimplementasikan, dan dapat memberi dampak bagi diri dan lingkungannya.

Sebab, sebuah institusi yang ditopang oleh individu-individu hebat akan bertransformasi menuju capaian terbaik, sehingga secara linear atau bahkan eksponensial, mampu membangun suatu peradaban bangsa. Bisnis berjalan dengan optimal, ekonomi berkembang, kualitas hidup meningkat, kompetensi SDM berkualitas dan berdayalah suatu bangsa.

"The New You Institute sesungguhnya lahir dari keinginan saya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas untuk membantu mereka menjadi The New You, seseorang yang dapat menorehkan keberadaanya di dunia ini lewat tindakan dan mendorong mereka untuk mencapai performa terbaik mereka," kata Zulfikar Alimuddin, Senin, 31 Juli 2023.

Ia percaya bahwa ketika seseorang telah berhasil meraih new perspective (cara pandang baru), new hope & motivation (harapan dan motivasi baru) dan new action & habit (tindakan dan kebiasaan baru), maka sejatinya individu tersebut telah meraih dirinya yang baru.

Ketercapaian individu ini yang diharapkan menjadi cikal bakal bonus demografi di Indonesia menjadi kian produktif dan ‘Indonesia Emas 2045’ bukan hanya khayalan belaka.

"Ke depannya, kami akan terus mengembangkan metode pelatihan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman yang dinamis. Kami juga akan terus mengembangkan bisnis dengan terjun ke industri-industri lain untuk memperkaya khazanah pengetahuan di bidang pengembangan manusia dan pengelolaan pengetahuan," tegas Zulfikar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya