Bisnis Ini Cuma Butuh Kerja Cerdas dan Pandai Lakukan Promosi

Ilustrasi bisnis online.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Menjadi enterpreuner atau pebisnis membutuhkan nyali dan mental yang kuat. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, ungkapan ini dinilai sangat tepat untuk seorang pebisnis agar tidak mudah patah semangat saat mulai menjalani usaha.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Hal tersebut diungkapkan enterpreneur dan YouTuber bernama Bong Affand. Ia paham betul bagaimana pahitnya berjuang dari awal membangun bisnis.

Pria dengan nama asli Alfan Ni’am kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini merupakan pebisnis yang pernah mengalami kerugian hingga miliaran Rupiah.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

"Setelah lulus SMK tahun 2011, saya memutuskan untuk langsung terjun ke dunia multilevel marketing (MLM) selama dua tahun. Tapi karir saya di MLM tidak mulus dan berakhir pada kegagalan," kata dia, melalui keterangan resminya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Bahkan, Affand melanjutkan, pada awal 2014, dirinya sempat terlibat dalam investasi bodong yang membuatnya menanggung kerugian hingga Rp1,2 miliar.

Kegagalan dalam bisnis tersebut membuat Alfan Ni’am berhenti dari bisnis online dan menenangkan diri dengan mondok di sebuah pesantren di Jepara, Jawa Tengah selama satu tahun.

Usai mondok, ia perlahan kembali bangkit dan mencoba bisnis online sebagai dropshipper. Menurutnya, menjadi dropshipper merupakan salah satu cara bisnis tanpa banyak modal. Cukup membutuhkan kerja cerdas dan pandai melakukan promosi.

Kini, bersama temannya, Bong Affand memiliki perusahaan bernama PT Baleo Mol Indonesia atau baleomol.com, yang bertujuan untuk mempermudah dan menjawab masalah yang dialami sebagai dropshipper. Ia juga aktif menjadi YouTuber yang membahas edukasi dan ilmu soal bisnis online.

"Saya ingin pengalaman yang saya miliki dibagikan kepada para pemula bisnis online. Supaya mereka tidak terjerumus di bisnis online yang salah seperti yang pernah saya alami dulu," tutur pria pemilik akun Instagram @bong_affand ini.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya