Strategi Bisnis Kuliner untuk Bersaing di Pasar yang Kompetitif

Shabu-shabu.
Sumber :
  • Mosh Recipe

Jakarta – Kuliner memiliki peluang yang besar untuk berkembang di Indonesia. Namun, bisnis ini juga perlu memahami tantangan yang dihadapi dan menerapkan strategi yang tepat agar dapat bersaing di pasar yang kompetitif.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pasar kuliner terbesar di dunia. Pada 2022, industri kuliner Indonesia menyumbang 41 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia atau sebesar Rp410 triliun.

Meski begitu, bisnis ini perlu menerapkan sejumlah strategi, seperti inovasi produk dan layanan serta pemasaran yang efektif.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Saat ini, ada satu restoran shabu-grill berkualitas dengan harga terjangkau yang menawarkan pengalaman makan yang berbeda dari biasanya bernama Mosh Recipe.

Dokter Boyke Ungkap Bahaya Pijat Perbesar Penis, Bisa Sampai Diamputasi

Restoran tersebut memiliki layanan gratis pertama di Indonesia, yaitu, relaksasi pijat, kepada pengunjung sebelum menu makanan hadir.

Restoran yang sudah tersertifikasi halal tersebut menyediakan beragam menu andalan, seperti smoky rice bowl, udon, ramyeon, serta mala noodle.

Menurut Y. Sanusi, selaku Penanggung Jawab Mosh Recipe, salah satu faktor kunci dalam keberhasilan hidangan shabu-shabu adalah kualitas bahan yang digunakan.

Ia menjamin penggunaan daging segar dan sayuran berkualitas tinggi di setiap hidangannya. Pilihan kaldu yang disajikan bervariasi. Mulai dari kuah kaldu kolagen ayam yang netral, hingga kaldu dengan karakter pedas dan kuat seperti Tomyum dan Mala.

"Seluruh kaldu tersebut diracik dengan bahan berkualitas dengan karakter rasa yang saling berbeda satu dengan lainnya," jelas dia. Tidak perlu khawatir masalah harga.

Cukup rogoh Rp130 ribu bisa menghadirkan menu untuk dimakan dua orang, lengkap dengan bahan hotpot atau grill, berikut nasi, minum, es krim hingga layanan relaksasi pijat.

Untuk harga satuan, Anda dapat menikmati aneka isian untuk hotpot mulai dari Rp4.000 per pcs. Mosh Recipe merupakan restoran spesialis shabu-shabu/hotpot dan grill yang berdiri sejak 2019.

Mereka baru saja membuka outlet terbarunya yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk atau PIK 2, di mana sepanjang September dan Oktober 2023 ada promo potongan diskon 30 persen untuk cabang PIK 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya