Penerapan Fitur Geofencing dan Face Recognition untuk Melacak Kehadiran Karyawan

Teknologi face recognition atau pengenalan wajah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Digital – Transformasi digital sudah menjadi tren yang tidak bisa dihindari dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, pemerintahan, dan masyarakat untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta produktivitas.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Salah satu teknologi yang mendukung transformasi digital adalah fitur geofencing dan face recognition. Fitur geofencing adalah teknologi yang menggunakan jaringan satelit GPS untuk melacak lokasi perangkat atau orang.

Sementara face recognition adalah teknologi yang menggunakan pengenalan wajah untuk mengidentifikasi seseorang. Kedua fitur ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pelacakan kehadiran karyawan, keamanan dan keselamatan, pemetaan dan navigasi, hingga pembelajaran mesin (machine learning).

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Transformasi digital.

Photo :
  • Freepik

Perusahaan yang menerapkan fitur geofencing dan face recognition adalah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). BUMN Transportasi dan Operasional Pelabuhan ini menggandeng platform human capital management (HCM), Darwinbox.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Keduanya sepakat untuk menyederhanakan operasional sumber daya manusia (SDM) dengan meningkatkan efektivitas pelayanan tenaga kerja, mendorong efisiensi, akurasi, dan peningkatan pengalaman karyawan yang lebih menyeluruh.

Dengan jumlah armada sebanyak 222 unit kapal feri dan tenaga kerja yang tersebar di darat dan laut, ASDP menyadari pentingnya kebutuhan akan solusi SDM yang kuat untuk mengotomatisasi dan meningkatkan operasional.

Direktur SDM dan Layanan Korporasi ASDP Wahyu Wibowo menuturkan aspek penting dari kemitraan tersebut adalah kemampuan adaptasi solusi dari Darwinbox terhadap operasional ASDP.

Hal ini mengingat area bisnis serta tantangan konektivitas yang terbatas di laut, melalui kemampuan offline Darwinbox muncul sebagai game-changer yang mampu memberikan manfaat.

"Salah satu manfaatnya adalah seluruh karyawan saat ini dapat menggunakan fitur offline platform untuk mengelola kehadiran, mengakses basis data karyawan, bahkan tanpa koneksi internet yang aktif," kata Wahyu, Senin, 2 Oktober 2023.

Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak di Banten.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Selain itu, ia mengaku sudah memanfaatkan kecanggihan fitur geofencing (penggunaan jaringan satelit GPS) dan face recognition (pengenalan wajah) Darwinbox untuk memperkuat pelacakan kehadiran karyawan ASDP di darat. Pada tahap awal implementasi platform Darwinbox di ASDP diselesaikan hanya dalam waktu 36 hari.

Sementara itu, Co-founder Darwinbox Jayant Paleti menekankan bahwa sinergi antara keduanya dapat mendukung perkembangan inovasi yang positif. Menurutnya, komitmen ASDP menghubungkan masyarakat sama dengan misi Darwinbox yang menjembatani karyawan dan organisasi mereka melalui solusi SDM berbasis teknologi.

"Transisi ASDP ke Darwinbox dalam jangka waktu yang singkat menunjukkan kapabilitas dan efektivitas platform kami dalam memenuhi kebutuhan organisasi yang beragam. Kami sangat antusias untuk melihat peningkatan konektivitas dan efisiensi operasional yang akan diberikan oleh kemitraan ini kepada perusahaan," jelas Jayant.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya