Kemampuan Menulis Pegawai Ditingkatkan

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar pelatihan literasi dan kepustakaan bagi pegawai dengan tajuk ‘Teknik Penulisan Artikel’. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan keberanian menulis para pegawai.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

"Kita mulai dengan pelatihan artikel ini menjadi suatu yang tidak kalah penting. Tadi yang sudah disampaikan bahwa setiap orang itu punya kapasitas untuk berani menulis," ungkap Kepala Biro Komunikasi Teknologi dan Informasi Kemenkop dan UKM Budi Mustopo, Rabu, 5 Oktober 2023.

Ia menargerkan dari jumlah pegawai Kemenkop dan UKM yang ada sebanyak 50-80 persen akan diupayakan supaya bisa menulis. Salah satu caranya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan penulisan artikel yang bakal rutin diadakan setiap tahun.

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BUMN ke Penjara

"Peserta dari pelatihan ini dapat memperluas hubungan kepada teman-teman sejawat yang ada di unit kerja. Jadi melalui pelatihan ini dapat mengembangkan diri tetapi sekali lagi harus bertanggung jawab karena ada Undang-Undang ITE," kata Budi.

Dengan memiliki kemampuan menulis, ia berharap pegawai Kemenkop dan UKM dapat berperan sebagai 'cyber army'. Hal itu sebagai upaya untuk membantu mensosialisasikan program-program Kemenkop dan UKM dan sekaligus untuk membendung berita-berita negatif.

Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus

Ilustrasi Menulis

Photo :
  • pixabay.com

"Kalau peserta pelatihan bisa bersuara bersama-sama maka itu bisa viral dan bisa menjadi suatu upaya untuk tetap menjaga nilai positif di Kementerian Koperasi dan UKM,” ucapnya.

Kemenkop dan UKM sebenarnya telah mengembangkan e-magazine dan e-perpus di mana para pegawai dapat memanfaatkan untuk memuat tulisan hasil karyanya. Baik itu dalam bentuk opini, maupun siaran pers dari kegiatan unit kerja.

"Saya menjamin bagian humas itu mempunyai ruang untuk mempublikasi apa yang sudah ditulis. Tentunya ada filter dan kurasi. Di humas ada e-magazine sebagai jaminan tulisan pegawai bisa dipublikasi. Kemudian, kita juga punya perpustakaan,” terang Budi.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kemenkop dan UKM Edi Yanto menjelaskan bahwa pelatihan yang diadakan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pegawai dalam menulis artikel berita yang dapat diolah lebih lanjut sebagai bahan publikasi dari kehumasan.

Ia berharap melalui pelatihan ini nantinya kegiatan-kegiatan yang di setiap unit kerja Kemenkop dan UKM bisa disampaikan dalam bentuk naskah kepada humas. Dari situ, humas akan melihat naskah mana yang layak untuk dijadikan berita.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa filtering mana publikasi atau berita-berita dari unit kerja mana yang paling dominan. Pelatihan ini kita menyiapkan dulu pegawai. Kita latih supaya ada semangat keberanian untuk menulis. Jadi, nantinya tidak hanya bertumpu pada publikasi-publikasi yang bersumber dari humas saja atau wartawan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya