Investasi Bukan Cuma soal Uang, tapi juga Pemahaman

Gaya hidup milenial dan Gen Z.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Saat ini, hanya 4 juta dari total penduduk Indonesia sebanyak 277 juta jiwa terdaftar sebagai investor. Mayoritas di antaranya bahkan kehilangan uang karena investasi palsu.

Ombudsman: Bunga Investasi yang Sangat Tinggi Itu 99,9 Persen Penipuan

Seeds Finance hadir sebagai platform untuk mengedukasi para milenial dan Gen Z agar lebih paham tentang dunia keuangan dan investasi.

Pada Agustus hingga September 2023, platform Seeds Finance mencatatkan pertumbuhan pendapatan (revenue) sebesar 2.700 persen, dengan 144 persen pengguna aktif aplikasi dan jumlah pengguna di atas 40 ribu pengunduh atau downloader sejak Agustus.

3 Tips Ini Bisa Buat Kamu Terhindar dari Penipuan Investasi

Catatan positif ini menandakan mulai adanya kepercayaan para milenial dan Gen Z terhadap Seeds Finance sebagai bagian dari edukasi investasi. Pertumbuhan positif tersebut diperoleh dengan adanya banyak aktivitas edukasi yang dilakukan platform.

Edukasi digelar secara online dan offline bersama lebih dari 40 komunitas yang sudah bekerja sama dengan Seeds Finance. Mulai dari universitas sampai komunitas keuangan.

Jaringan Internet Jadi Daya Tarik

Aktivitas edukasi ini pun tidak hanya terbatas di area Jabodetabek tetapi juga hingga di luar Pulau Jawa. Pendiri dan Kepala Eksekutif Seeds Finance Willy Tan mengaku angka pertumbuhan ini sekaligus pertanda bahwa para milenial dan Gen Z mulai percaya untuk belajar tentang investasi.

"Kami menciptakan pendidikan dan cara belajar yang seru melalui game simulasi untuk menjadikan dunia investasi sesuatu yang menyenangkan, mudah diakses dan dimengerti oleh anak muda," ungkapnya, Kamis, 19 Oktober 2023.

Startup.

Photo :
  • Founder Institute

Bagaimana cara kerjanya? Para peserta berkesempatan mendapatkan hadiah jutaan rupiah melalui gamifikasi atau belajar sambil bermain.

Seeds Finance membuat aplikasi pendidikan investasi tanpa syarat harus mendepositkan uang, sehingga tidak ada risiko mengalami kehilangan uang saat memulai mengenal dan mencoba investasi.

Pengguna bisa ikut kompetisi trading virtual alias Play Arena Tournament, di mana pengguna bisa belajar membuat portofolio investasi tanpa risiko kehilangan uang sesungguhnya.

Dengan dukungan dari venture capital terkemuka alias investor seperti Ruvento dan Crestone, dan kemitraan dengan lebih dari 20 universitas, Seeds Finance berupaya memberi pengalaman belajar keuangan yang mendalam dan menyenangkan bagi generasi muda Indonesia.

"Investasi itu bukan cuma soal uang, tapi juga soal paham cara kerjanya. Dengan aplikasi Seeds Finance, kita ingin bantu milenial dan Gen Z Indonesia membangun masa depan keuangan yang stabil dan aman," tegas Willy.

Ia percaya bahwa investasi bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang pemahaman yang mendalam. Program ini adalah langkah inovatif dari komitmen Seeds Finance untuk membawa dunia investasi lebih dekat kepada milenial dan Gen Z serta membantu mereka membangun fondasi keuangan yang kokoh di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya