Yandex Ingin Bantu Industri Kreatif

Yandex.
Sumber :
  • The Moscow Times

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Rusia, Yandex, meluncurkan Jaringan Neural AI Rendering Technology atau disingkat YandexART.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Ini sebuah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menggunakan perintah teks untuk menghasilkan gambar dan animasi yang dapat membantu para pelajar dan profesional yang fokus pada industri kreatif.

YandexART merupakan satu dari banyak proyek yang didukung oleh Jaringan Neural yang telah dirilis Yandex tahun ini. Jaringan yang terintegrasi dalam Aplikasi Shedevrum tersebut akan segera tersedia di berbagai layanannya.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

"Kami berharap dapat membantu para pelajar dan profesional yang berfokus pada industri kreatif, sehingga mereka dapat menghasilkan karya yang lebih memukau dan mewujudkan ide-ide paling berani sekalipun," kata Vice President Strategy Yandex Alexander Popovskiy, Rabu, 15 November 2023.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Photo :
  • Dok. Istimewa
Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Aplikasi Shedevrum yang digunakan di banyak negara termasuk Indonesia adalah aplikasi seluler Yandex bagi pengguna untuk dapat membuat video, gambar, dan teks yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI).

Pengguna Shedevrum bisa membuat sampul album musik, ilustrasi buku, hingga karya seni untuk blog, kursus online, bahkan pertunjukan teater. YandexART mampu menghasilkan gambar dan animasi menggunakan difusi kaskade.

Jaringan Neural akan menghasilkan gambar dan bingkai berdasarkan perintah teks pengguna. Kemudian, secara bertahap meningkatkan resolusi gambar dan menambahkan detail.

Jika dibandingkan dengan model difusi Shedevrum generasi sebelumnya, grafik YandexART lebih realistis dan detail. Berdasarkan hasil evaluasi internal yang dilakukan penilai, model tersebut memberikan hasil yang lebih baik pada 60 persen kasus.

Yandex juga meningkatkan kumpulan data pelatihan sebanyak 1,5 kali lipat hingga mencapai 330 juta gambar dan deskripsi teks.

Yandex.

Photo :
  • Search Engine Journal

YandexART memiliki tiga mode penyaringan untuk menampilkan gambar paling estetis dan algoritma pengenalan teks baru yang membantu Jaringan Neural lebih memahami apa yang diinginkan pengguna.

Jaringan Neural terbaru ini berfungsi lebih baik dalam melakukan render wajah, mata dan tangan, sehingga memungkinkannya membuat potret yang sangat realistis. Teknologi itu juga memiliki pemahaman yang lebih baik tentang budaya tertentu.

YandexART mengetahui tempat dan kota terkenal, tokoh sejarah penting, serta karakter kartun dan dongeng yang dicintai di seluruh dunia. Popovskiy menyebut bahwa tren penggunaan teknologi AI dalam dunia bisnis cenderung menguat.

Dalam laporan survei McKinsey, The State of AI in 2022, menyebutkan mayoritas responden sudah mengadopsi AI dalam minimal satu unit bisnisnya.

"Kecerdasan buatan yang dipakai umumnya untuk optimasi kegiatan operasional, merancang produk baru, hingga analisis layanan pelanggan," tegas Popovskiy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya