TikTok Shop Akan Gabung dengan Tokopedia?

TikTok Shop akan gabung dengan Tokopedia.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pada 4 Oktober 2023, TikTok Shop resmi ditutup di Indonesia setelah berlakunya regulasi larangan fitur e-commerce dan media sosial dalam 1 aplikasi.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Namun, kabarnya TikTokShop akan dibuka kembali dan sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo dalam bentuk perusahaan patungan.

TikTok Shop

Photo :
  • VIVA
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"TikTok telah mendekati lima e-commerce yang salah satunya adalah Tokopedia", ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Teten menyebut lima e-commerce, termasuk Tokopedia, Blibli, Bukalapak dan GoTo.Beberapa sumber juga menyampaikan, TikTok dan GoTo sedang mengerjakan potensi investasi di Tokopedia yang dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

“Saya tahu ada tiga e-commerce yang sudah dihubungi TikTok. Saya tahu bukan dari TikTok, tapi dari mereka yang dihubungi,” ujar Teten kepada media di Jakarta. Oleh karena itu, Teten optimistis TikTok Shop akan segera hadir di Indonesia.

Dilansir dari Bloomberg, Senin, 27 November 2023 ada kencenderungan TikTok akan lebih memilih investasi di Tokopedia ketimbang yang lain. Adapun kesepakatan itu akan berbentuk usaha ‘patungan’.

“Investasi ini merupakan salah satu dari beberapa opsi yang dipertimbangkan oleh perusahaan Cina itu untuk mencoba dan memulai kembali bisnis toko online di pasar e-commerce terbesarnya,” kata sumber Bloomberg.

Beberapa sumber menyebut kalau kerjasama keduanya bisa diselesaikan dalam waktu beberapa pekan ke depan.

Strategi Induk TikTok, BytDance

Tiktokshop Akan Gabung dengan Tokopedia

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari Bloomberg, menyebut langkah ini konon merupakan salah satu strategi ByteDance untuk memulihkan layanan toko online (e-commerce) mereka, yaitu TikTok Shop yang diblokir di Indonesia sejak awal Oktober 2023 lalu.

Agar bisa berjualan kembali di Tanah Air, ByteDance kabarnya akan fokus investasi di bidang e-commerce GoTo Group, yaitu Tokopedia.

Menurut kabar tersebut, investasi terhadap Tokopedia oleh ByteDance ini akan difinalisasi dalam waktu dekat, kemungkinan dalam beberapa minggu ke depan.

Diskusi terkait investasi ByteDance di Tokopedia ini sedang berjalan dengan cukup intens, dan pembicaraan tersebut, menurut sejumlah sumber industri, bisa menghasilkan banyak keputusan. Adapun keputusan-keputusan dari hasil diskusi tersebut juga nantinya kemungkinan akan membutuhkan persetujuan pemerintah dan pihak-pihak lain.

Belum diketahui apakah kabar ByteDance untuk bekerja sama dengan Tokopedia demi menghasilkan platform marketplace baru ini benar atau tidak. Keduanya belum memberikan tanggapan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya