Game Online Asal Surabaya Populer di 3 Negara

Kepala Eksekutif Nuon Aris Sudewo Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Nuon Digital Indonesia (Nuon), melalui game online Paw Rumble, berhasil mencatatkan 2 juta unduhan atau download secara global dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sejak pertama kali dirilis.

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Paw Rumble yang dikembangkan Grinsmile, developer atau pengembang lokal asal Surabaya, Jawa Timur, kini telah menjadi salah satu game arcade yang populer dengan basis pengguna terbesar di India, Pakistan, dan Indonesia.

Sebelumnya, Grinsmile yang merupakan startup game di bawah binaan Indigo, meluncurkan Paw Rumble pada 12 Juli 2023 di bawah bendera Nuon Games dan berkolaborasi dengan Dunia Games Telkomsel sebagai co-publisher.

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!

Angka 2 juta unduhan game online buatan anak bangsa ini menjadi pencapaian yang membanggakan bagi industri game Indonesia.

Paw Rumble juga berhasil meraih penghargaan ‘Best Mobile Game’ pada Indonesia Game Awards dan kategori ‘Best Made in Indonesia’ pada ajang Google Play Best of 2023.

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Kepala Eksekutif Nuon Aris Sudewo Wirjoatmodjo meyakini kalau game lokal mampu bersaing di taraf internasional.

"Paw Rumble sukses membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi pengembangan industri game yang luar biasa besar," kata dia di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2024.

Menurutnya, memajukan ekosistem game di Tanah Air memberikan dampak positif terhadap ekonomi kreatif secara keseluruhan.

Keberhasilan Paw Rumble diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi developer game lainnya untuk terus berinovasi dan menghasilkan karya-karya berkualitas yang dapat dikenal di kancah internasional.

"Kami berkomitmen untuk berinovasi dan terus mencari talenta berbakat di dalam negeri untuk dapat bersaing di antara gim buatan luar negeri," ungkap Aris Sudewo Wirjoatmodjo.

Paw Rumble yang bergenre arcade-casual menampilkan visual yang memadukan maskot yang menggemaskan dengan tampilan art style-pixel.

Game online ini memiliki keunikan gameplay yang memanjakan pengguna dengan tiga mode game, yakni Overgreed, Bomb, dan Letter.

Melalui mode game tersebut, Paw Rumble menghadirkan tantangan yang menghibur dan menarik perhatian penggemar game dari berbagai kalangan.

Keberhasilan Paw Rumble tidak lepas dari Grinsmile yang merupakan pengembang di balik game yang kian mendunia tersebut.

Pengembang game asal Surabaya, Jawa Timur ini merupakan salah satu dari alumni Indigo Game Startup Incubation (IGSI), inkubator game pertama di Indonesia yang mewadahi startup game dengan mentoring, investment, dan publishing.

Paw Rumble, melalui Grinsmile, bergabung pada batch pertama IGSI yang masuk ke dalam Top 30 Indie Games Baparekraf (Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Game Prime 2020 Online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya