Ekspor Bukan Hanya untuk Perusahaan Besar

Ilustrasi ekspor impor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Perusahaan logistik PT Mats Internasional Indonesia (MII) berkolaborasi dengan Komunitas Ok Oce untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

2 Dekade Ekspor Sepeda Motor Buatan Indonesia

Hal ini dilakukan karena ada kesan bahwa barang ekspor hanya diproduksi oleh perusahaan besar untuk kebutuhan pasar internasional membuat sebagian UMKM menjadi tidak percaya diri dengan produk yang dihasilkan.

Faktanya, cukup banyak UMKM yang mampu memiliki daya saing memasarkan produknya di luar negeri. Wakil Presiden Kepatuhan dan Pengendalian Risiko MII, Vicky W Zahid, menjelaskan bahwa ekspor merupakan salah satu peluang untuk memperluas pasar.

Kadin Temui Gubernur BI, Bahas Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal

Selain menguntungkan produsen dan penjual, ekspor juga dapat menambah devisa negara dalam perdagangan internasional.

Target Pertumbuhan Ekonomi RI 2024 Meleset, Sri Mulyani Ungkap Biang Keroknya

Namun, ia menekankan bahwa ada prosedur dalam mekanisme perdagangan internasional, yaitu aturan-aturan yang harus ditaati sebelum melakukan ekspor.

“Jadi, ekspor itu bagus sekali tapi harus yang benar. Punya barang bagus, cari buyer-nya, kemudian penuhi aturannya, lalu nikmati cuannya,” kata dia, melalui paparan webinar, Selasa, 21 Januari 2025.

Vicky juga menyoroti bahwa tren ekspor di 2025 akan menyasar pada sektor komoditas hasil Bumi, seperti pertanian dan perkebunan.

“Ini peluang yang baik sekali. Kita bisa memaksimalkan para petani untuk dapat ekspor ke luar negeri,” jelasnya.

BN Xpora.

Mantan Karyawan Swasta Ini Sukses Jualan Kripik Pisang ke Mesir hingga Kanada

PT Bank Negara Indonesia Tbk menegaskan komitmen perusahaan dalam memberikan pendampingan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan skala bisnisnya.

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2025