FOTO: Geliat Investasi eBay di India

Country Manager eBay India, Muralikrishnan B
Sumber :
  • REUTERS/ Vivek Prakash

VIVanews - Situs lelang eBay kian meningkatkan investasinya di India. Langkah ini dilakukan eBay menaikkan pangsa pasar yang masih didominasi pemain domestik semacam Flipkart, dan tentu saja rival utama eBay, Amazon.

Perusahaan e-commerce ini mulai menjajaki pasar India sejak tujuh tahun lalu. Tapi perusahaan berbasis di Silicon Valley ini tetap kalah greget, bahkan dari startup lokal yang pelan-pelan meraih pasar berkembang ini.

"Perbincangan mengenai kami yang 'ketinggalan bis' benar-benar menjadi pemicu," kata Muralikrishnan B, country manager eBay di India.

"Sebagian besar model bisnis baru ini menunggu waktu untuk muncul. Kami memilih rute secara hati-hati, tidak seperti pelaku bisnis India yang secara buta melakukan investasi tanpa melihat keberlangsungan dan keuntungan," lanjutnya.

MIND ID Maksimalkan Peran Indometal Perkuat Nilai Komoditas Tambang RI di Pasar Global

Lihat foto geliat eBay dalam galeri di tautan ini.

eBay pun berharap bisa segera membawa bisnis pembayaran elektronik atau e-payment, PayPal ke India. Ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan online, di negara yang selama ini masih menggunakan sistem cod atau cash-on-delivery.

Menurut data Asosiasi Internet dan Mobile India, eBay tercatat memiliki enam transaksi per menit. Bandingkan saja dengan Flipkart. Perusahaan yang didirikan mantan dua karyawan Amazon di 2007 itu tercatat memiliki transaksi 20 kali per menit. | Reuters

Cetak Rekor Laba Tertinggi Sejak Berdiri, ASDP Buktikan Kesetaraan Gender Dongkrak Kinerja Bisnis
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga

Dugaan Korupsi di Indofarma, Stafsus Erick Thohir Buka Suara

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah merilis potensi kerugian negara senilai Rp 371,83 miliar, pada dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di PT Indofarma Tbk.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024