Penantang Google Disuntik Foxconn Rp1,05 Triliun

Cyanogen ingin curi Android dari Google
Sumber :
  • www.androidauthority.com
VIVA.co.id
'Musuh' Google Klaim Kalahkan BlackBerry dan Windows Mobile
- Perusahaan penantang Google, Cyanogen, mendapatkan suntikan dana dari perusahaan manufaktur asal Taiwan, Foxconn. Perusahaan perakit produk mobile Taiwan itu menggulirkan dana US$80 juta setara Rp1,05 triliun dalam investasi Seri C kepada Cyanogen.

Cerita Berdirinya Cyanogen, Perusahaan Penantang Google

Dikutip dari
Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal
Market Business News, Rabu 13 Mei 2015, perusahaan penantang Google yang berbasis di Palo Alto, California, AS, itu, mengatakan, akan menggunakan suntikan dana itu untuk menyewa orang dan mempercepat pengembangan sistem operasi terbuka besutannya.

Cyanogen memang terang-terangan menantang Google. Perusahaan ini ingin mencuri Android dari tangan Google. Selama ini, Cyanogen memang merilis modifikasi sistem operasi Android dengan ciri khas mereka.


"Kami mengembangkan Android dan menciptakan platform komputasi terbuka yang akan mengubah cara interaksi pelanggan dengan perangkat
mobile
mereka," ujar Kirt McMaster,
Chief Executive Officer
(CEO) Cyanogen Inc.


Terkait dengan suntikan dana, bos Cyanogen itu melihat ketertarikan Foxconn atas perusahaannya itu menciptakan warna baru dalam industri. Yaitu, menghubungkan rantai nilai
mobile
antara berbagai pemangku kepentingan dalam industri.


"Foxconn dan kelompok beragam mitra serta investor strategis kami merefleksikan rantai nilai
mobile
dari perusahaan perangkat, operator jaringan
mobile,
pembuat chip hingga pengembang pihak ketiga," ujar dia.


McMaster menyebutkan, para pemangku kepentingan itu merupakan potensi besar bagi proyek yang dikembangkan Cyanogen dalam menciptakan peralihan paradigma utama berikutnya dalam komputasi
mobile.

Dengan tambahan dana US$80 juta tersebut, secara total Cyanogen telah mendapatkan guliran dana US$110 juta (Rp1,45 triliun) hingga saat ini.


Foxconn selama ini dikenal sebagai perusahaan yang merakit produk
mobile
berbagai vendor seperti Apple, BlackBerry, dan Microsoft.


Selain Foxconn, perusahaan yang menggulirkan investasi ke Cyanogen yaitu Premji Invest, Twitter Ventures, Qualcomm Incorporated, Telefónica Ventures, Smartfren Telecom, Index Ventures, Access Industries, dan Santander Innoventures.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya