IDByte 2015 Fasilitasi Startup Lokal Bersaing di Global

IdByte
Sumber :

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mendukung penyelenggaraan Indosat IDByte 2015 untuk mendorong industri digital Indonesia agar bisa lebih bersaing di tingkat global.

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley

Indosat IDByte 2015 merupakan program yang digelar Bubu.com dan akan memfasilitasi pelaku industri digital serta perusahaan rintisan (startup) di Indonesia untuk memperluas pengetahuan. Acara itu akan menghadirkan sejumlah figur industri digital seperti Jamie Voris dari The Walt Disney Company dan John Lagerling dari Facebook.

"Tentunya, banyak sekali para pengusaha dan wirausahawan kreatif serta inovatif di Indonesia. Namun, alangkah pentingnya bagi pengusaha-pengusaha ini untuk dapat berkembang dalam sebuah ekosistem yang dapat mendukung aktivitasnya," kata Rudiantara dalam keterangan pers di kantor Kominfo, Jakarta, Jumat 11 September 2015.

Ia melanjutkan, melalui program IDByte 2015 dengan tema Connected e-Conomy diharapkan dapat membuat para pemangku kepentingan dapat berkontribusi mengenai langkah yang harus ditempuh untuk mengakselerasi perkembangan ekonomi Indonesia.

Terkait hal ini, Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli, menyatakan antusiasmenya mendukung terselenggaranya Indosat IDByte demi mendorong masyarakat Indonesia menjadi pemimpin dalam dunia digital.

Program ini, menurut dia, sejalan dengan tujuannya untuk memperluas jangkauan dan akses internet sebagai salah satu kunci dalam memperkaya dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Indosat merupakan anak perusahaan Ooredoo Group.

"Hal ini sangat sejalan dengan tujuan kami secara grup bersama Ooredoo," kata Alexander.

Mi Bikini yang Meresahkan Negara

Selanjutnya, CEO Bubu.com, Shinta Dhanuwardoyo, mengatakan, tema Connected e-Conomy sesuai dengan pertumbuhan industri digital yang terhubung satu sama lain, karena peningkatan adopsi internet. Ia meyakini IDByte akan menimbulkan dampak yang lebih besar saat ia bersinergi dengan pemerintah.

"Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Indosat sebagai salah satu pelaku industri telekomunikasi di Indonesia," ujar Shinta.

Untuk diketahui, Indosat IDByte 2015 telah melaksanakan sejumlah program di Indonesia seperti wireless inovation contest dan Idea box. Lalu, IDByte juga sedang menyelenggarakan startup hunt untuk mencari startup terbaik di Indonesia, khususnya di lima kota seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Malang.

Nantinya, startup terbaik akan mengikuti program bootcamp dengan SVA Technology Alliance di Silicon Valley. Lalu, finalis startup yang terpilih akan mendapatkan paket program dari Facebook yang membantu startup di bidang teknologi mobile.

Laporan: Lilis Khalisotussurur

Polisi Belum Temukan Unsur Pidana di Mie Bikini
Startup yang akan berguru ke markas Google

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google

Ini merupakan gelombang kedua startup Indonesia yang digembleng Google

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016