Telkomsel Temukan Dua Aplikasi Lokal untuk Kompetisi Global

VP Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu
Sumber :
  • Vivanews/AgusTH

VIVA.co.id - Setelah menjaring ratusan aplikasi lokal, Telkomsel akhirnya menemukan dua aplikasi lokal dalam ajang The Next Dev. Pemenang aplikasi ini nantinya akan dikompetisikan dalam ajang regional kerja sama Samsung dan SingTel.

"Program ini dihadirkan karena kebutuhan aplikasi yang kian berkembang tapi sayangnya, banyak pengguna aplikasi Indonesia yang menggunakan aplikasi global berbasis media sosial.  Sementara, jika tak didorong, aplikasi lokal bakal kian tak mendapat tempat. Sekarang bervariasi, bisa sampai kebutuhan Internet of Things juga," ujar Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu, di Jakarta, Rabu, 30 September 2015.

Pemenang pertama adalah aplikasi yang menghimpun informasi acara menarik, Goers. Aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa menerima informasi himpunan acara mulai dari konser hingga pentas tertentu. Goers juga menyediakan pemesanan tiket serta memberikan merchandise bagi acara tertentu. Sebagai pemenang, Goers mendapatkan hadiah US$11 ribu dan mewakili Indonesia untuk bertarung di tingkat regional.

Sedangkan pemenang kedua yaitu aplikasi bertema smart living, Modegi. Aplikasi ini memungkinkan produk peranti keras rumah bisa dikendalikan melalui web app atau aplikasi Android. Produk Modegi memungkinkam pengguna menyalakan lampu rumah dan peralatan rumah tangga lainnya dari jarak jauh.

Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji

Syaratnya perangkat rumah itu terkoneksi internet. Sebagai pemenang kedua, Modegi mendapatkan hadiah US$9 ribu dan mendampingi Goers bertarung di tingkat regional.

"Nanti ada saingan dengan India dan lainnya. Jadi peluang Go Global sangat besar. Ini bedanya. Ini peluang yang sangat baik untuk beyond Indonesia," katanya.

Bagi aplikasi yang tidak memenangkan kompetisi ini pun, Telkomsel dan Samsung tak lepas tangan. Mereka tetap akan dipromosikan oleh kedua perusahaan. Misalnya Samsung akan tetap mencarikan aplikasi tersebut untuk mendapatkan pasar di Asia. Tak hanya itu, Samsung juga berjanji akan mempromosikan aplikasi yang tak menang pada halaman pertama pusat aplikasi Samsung.

Dalam upaya mengembangkan aplikasi lokal, Telkomsel memiliki tahapan melalui Next Dev dan Next Apps. Marica mengatakan untuk tahap paling awal, misalnya pencarian ide, Telkomsel menyediakan jalur Next Dev. Sedangkan bagi aplikasi yang sudah berjalan, Telkomsel dan mitranya memiliki jalur Next Apps.

"Next Apps melibatkan (penyedia) device agar bisa komersil dan fungsional, apalagi di tingkat region. Bagi tahap ini, karya mereka secara profesional sudah ada. Di sini (Next App) kan sesuatu yang sudah implementasi tapi skalabilitasnya perlu didorong lebih cepat," tutur dia.

Marica mengatakan dengan pentas di tingkat regional, aplikasi akan makin matang. Dari sisi fungsional, aplikasi bisa menawarkan basis solusi dan tinggal kontennya sesuai tantangan pada masing-masing pasar.

"Di sini mereka bebas berkreasi. Kami tidak mengarahkan dan mengikat mereka. Bantu ngangkat saja," kata dia.

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Segmentasi KFC dan Telkomsel sejalan. yaitu menyasar anak muda.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2016