Aplikasi Goers Sediakan Info Hiburan Tiap Hari

Aplikasi Goers
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Beragam acara sering digelar di kota besar seperti Jakarta. Mulai dari acara hiburan hingga pameran tertentu sering diselenggarakan di Ibu Kota Indonesia itu. Beragam acara tersebut ternyata menjadi peluang bisnis bagi pengembang aplikasi yang dinamakan Goers.

Aplikasi ini menawarkan kumpulan beragam acara yang ada di Jakarta setiap hari. Dengan menghimpun acara tersebut, diharapkan pengguna akan mudah mendapatkan informasi acara dalam satu platform, tak perlu repot-repot menelusuri banyak halaman di internet.

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google

"Jadi kami menghimpun beragam acara dari acara kecil sampai besar kepada pengguna," ujar Niki Tsuraya Yaumi, salah satu pendiri dan Chief Operation Officer (COO) Goers kepada VIVA.co.id, Rabu, 30 September 2015.

Niki mengatakan, platform besutannya tak sekadar menyediakan himpunan acara di Jakarta, tapi juga menyediakan tiket terkait acara yang diselenggarakan tersebut. Goers menawarkan, berbagai nilai tambah jika pengguna mengakses aplikasi mereka.

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley

Selain mendapatkan informasi up to date acara yang akan berlangsung, Goers juga memberikan diskon tiket dan merchandise. "Kami pernah misalnya berikan diskon tiket 20 persen dan mendapatkan makanan atau merchandise," kata dia.

Perempuan berjilbab ini mengatakan, Goers juga bisa menjadi platform berguna bagi penyelenggara acara. Manfaatnya yaitu memberikan data analitik terkait jumlah pengunjung acara tersebut. Dengan mengetahui data dan profil pengunjung, penyelenggara acara bisa melihat evaluasi acara yang mereka selenggarakan.

"Kami kasih laporan event, kita berikan informasi demografi pengunjung, profilnya bagimana dan apakah mereka tertarik dengan acara tersebut," kata dia.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota

Dengan evaluasi itu, penyelenggara acara bisa memberikan tindak lanjut atas peningkatan pelayanan acara yang akan diselenggarakan pada kesempatan lain. Saat ini, semua layanan Goers tersedia secara gratis. Untuk itu, Niki mengajak para penyelenggara acara untuk mencoba platform ini.

Aplikasi ini juga menyediakan konten premium bagi penyelenggara acara dan pengguna. Jika dalam versi gratis, penyelenggara acara hanya akan mendapatkan data analitik secara umum, maka pada fitur premium ini penyelenggara akan mendapatkan nilai lebih.

"Kalau yang gratis hanya data general saja, tapi kalau di premium ini akan disediakan analitik yang lebih dalam, termasuk demografi dan interest pengunjung itu bagaimana," ujar lulusan Intitut Teknologi Bandung tersebut.

Niki mengatakan, salah satu fitur dalam opsi premium yaitu pengguna atau pengunjung bisa mendapatkan undangan khusus (invitation only) acara tertentu. Fitur premium ini merupakan salah satu skema platform ini untuk bisa memonetisasi layanan mereka.

Saat ini Goers mengaku sudah mendapatkan puluhan mitra penyelenggara acara, tapi angka tersebut akan terus bertambah. Setiap harinya, Goers akan menyediakan 15-20 acara yang diselenggarakan. Sejauh ini, aplikasi ini sudah menyediakan 800 acara di Jakarta.

Niki mengatakan, memang saat ini mereka hanya menghimpun beragam acara di Jakarta. Namun nantinya, platform mereka sudah menyasar himpunan acara di Bandung, Bali, bahkan sudah merencanakan akan berekspansi ke Singapura. "Jadi ini memang menyasar segmen anak muda. Hiburan itu tak hanya jalan-jalan ke mal atau bioskop. Ini cara lain yang mudah untuk have fun."

Untuk diketahui, platform ini telah memenangkan kompetisi Next Apps 2.0 yang diselenggarakan Telkomsel dan Samsung. Platform ini telah mendapatkan hadiah US$11 ribu. Sebagai pemenang pertama, Goers mewakili Indonesia untuk bertarung di tingkat regional melawan aplikasi lainnya. Aplikasi ini tersedia di App Store dan Google Play.

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya