Segera Hadir Qlue-Jek, Jasa Pengiriman Barang Berbasis Drone

Qlue-Jek Jasa Pengiriman Barang Berbasis Drone
Sumber :
  • Youtube/Qlue

VIVA.co.id – Setelah sukses dengan aplikasi monitoring untuk Pemerintah DKI Jakarta, satu lagi persembahan dari Qlue. Karya anak bangsa itu akan diperluas lagi dan merambah jasa pengiriman barang menggunakan drone.

Cara Menerbangkan Drone bagi Pemula

Jasa kurir ini memang beda karena menggunakan drone. Pihak pengembang Qlue menamainya dengan Qlue-Jek.
 
“Sebuah solusi terbaru dari QLUE untuk layanan pengantaran barang, menggunakan aplikasi dan drone agar sampai tujuan dengan aman dan akurat,” tulis tim Qlue-Jek yang dikutip Viva.co.id dari website Qlue.
 
Ivan Tigana, selaku Project Manager Qlue-Jek mengungkapkan layanan tersebut dihadirkan untuk menepis kendala pengiriman barang yang terhalang karena kemacetan di kota-kota besar di Indonesia.
 
Kata Ivan, drone Qlue-Jek dapat mengirim barang dengan bobot hingga 5 kilogram dan berjarak tempuh maksimal 25 kilometer.
 
“Qlue-Jek dapat dikontrol secara otomatis atau manual serta memiliki speaker untuk berkomunikasi secara dua arah dengan merchant saat pengguna melakukan pemesanan," jelas Ivan dalam video yang ia unggah dalam website Qlue.
 
Terkait pengoperasian, disebutkan juga drone Qlue-Jek dioperasikan oleh mantan pilot helikopter Badan Search and Rescue di Indonesia menggunakan kombinasi remote control dan virtual reality untuk mendeteksi keberadaan drone di udara.
 
Qlue menyampaikan, layanan Qlue-jek siap mengudara mulai hari ini, 1 April 2016, terhitung sekitar 11 jam lagi. Selain untuk pengiriman barang, Qlue-Jek juga dapat mengambil foto-foto kondisi kota dari atas yang terintegrasi dengan Qlue Jakarta Smart City. (ren)

Gambar diatas merupakan contoh gambar drone

Penggunaan Pesawat Tanpa Awak sebagai Penyemprot Pestisida

Manfaat drone untuk pertanian.

img_title
VIVA.co.id
26 Agustus 2019