Printerous Bikin Cetak Foto Mudah via Aplikasi Mobile

Chief Executive Officer Priterous, Kevin Osmond
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Masalah macet, kehilangan file saat transfer data, menjadi beberapa kendala seorang malas untuk mencetak foto secara offline. Padahal, pada era digital ini, apa pun permintaan sudah dipermudah dengan smartphone.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Kesempatan inilah yang diambil oleh Printerous Moments, platform yang memungkinkan pengguna tidak perlu capek bermacet-macetan, kehilangan data karena terkena virus saat memindahkan file ke komputer. Jasa mencetak foto bisa dilakukan secara daring atau online dan dikirim langsung ke alamat.

Startup yang sudah berdiri sejak 2012 itu, meluncurkan aplikasi yang membuat pengguna mereka lebih mudah untuk memakai jasa Printerous. Sejak lima tahun lalu, Printerous memulai jasa cetak foto secara daring dengan website.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

"50 persen pelanggan kami memakai smartphone untuk akses ke website, kami putuskan untuk mengembangkannya menjadi sebuah aplikasi," kata Chief Executive Officer Printerous, Kevin Osmond, saat peluncuran aplikasi di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis 6 April 2017.

Selain itu, kata Kevin, smartphone adalah perangkat yang kini sering digunakan untuk mengabadikan momen. Jadi, tidak perlu repot transfer file, aplikasi akan terhubung ke smartphone untuk memilih foto.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Kevin menjelaskan, cara penggunaan aplikasi yang sudah tersedia di Android dan iOS itu, cukup mudah. Pada aplikasi, ada delapan pilihan produk cetak foto, yakni photo book, photo prints, kanvas, frame art, magnet kulkas, casing handphone, bantal sofa dan tas tote.

Lalu, pilih salah satu dan tentukan ukuran foto yang ingin dicetak, kemudian pilih foto lewat galeri smartphone. Uniknya, pilihan foto bisa terhubung ke media sosial Facebook dan Instagram.

Setelah itu, foto yang telah dipilih bisa diedit melalui Photo Editor. Apakah foto ingin dipotong atau di-crop, filter warna dan lainnya.

Jika sudah, sebelum dicetak, foto bisa dilihat pratayangnya dulu. Setelah pengguna merasa sesuai, klik order dan lakukan pembayaran, bisa transfer dan kartu kredit.

Tim Printerious akan memproses empat hari dan paling lama satu minggu, tergantung produk yang dipilih. Varian harga cetak mulai dari ribuan sampai ratusan ribu, ditambah ongkos kirim.

"Untuk kurir, kita kerja sama dengan JNE," kata Kevin.

Untuk rekanan pencetak foto, Printerous telah menggandeng dengan hampir 50 pencetak foto. Sejak soft launching aplikasi tiga bulan yang lalu, pengunduh aplikasi sudah 5 ribu pengguna.

Untuk kualitas foto, tidak perlu khawatir, karena Printerous dilengkapi fitur file checker, yang mendeteksi foto yang tidak memenuhi resolusi untuk dicetak. Pengguna akan langsung menerima notifikasi atau peringatan, sehingga pengguna bisa mengganti atau memperbesar resolusinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya