Blibli Resmi Caplok Tiket.com

Blibli resmi miliki saham Tiket.com.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Avra Augesty

VIVA.co.id – Memasuki semester II 2017, Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi pioneer sekaligus salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, Tiket.com.

Usai Diakuisisi, Tiket.com Ingin Tumbuh 2,5 Kali Lipat

Peresmian akusisi ini dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com dan Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com. Pada kesempatan yang sama, perusahaan ini mengangkat George Hendrata sebagai CEO Tiket.com yang baru.

Kusumo menyebut, sejak awal berdiri pada 2011, Blibli.com memiliki visi untuk memperbesar lini bisnisnya dengan menghadirkan berbagai inovasi. Hingga pada akhir tahun lalu, Blibli.com meluncurkan kategori produk travel online, yaitu Blibli Travel.

Usai Akuisisi Tiket.com, Bagaimana Laju Bisnis Blibli?

Sejak itu, travel online menjadi salah satu fokus pengembangan bisnis Blibli.com. Hal ini disebabkan adanya pasar yang menjanjikan, dimana statistik menunjukkan minat pembelian produk travel melalui situs online terus meningkat.

Menurut data yang dirilis Blibli.com, bisnis online travel berkembang pesat hingga akhir 2016. Pembelian produk jasa travel mencapai 35 persen atau yang tertinggi dibanding produk jasa lainnya.

Sepak Terjang Tiket.com Sebelum Dicaplok Blibli

Generasi milenial memiliki aspirasi pada travel cukup tinggi. Untuk membayar sebuah pengalaman, mereka rela mengeluarkan uang rata-rata Rp30 juta per tahun. Sedangkan populasi generasi muda di Indonesia dengan umur di bawah 31 tahun mencapai sekitar 51 persen.

Sementara itu, pengguna internet di Indonesia mencapai 132 juta orang atau sekitar 51 persen dari penduduk Indonesia. Pengguna e-commerce tercatat ada di angka 3,4 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. 

Menurut Kusumo, banyak dari mereka yang memanfaatkan situs online seperti Tiket.com untuk mencari harga tiket, hotel, pesawat, dan sebagainya, sehingga mereka bisa mendapatkan harga murah dan efisien waktu.

Ia menilai, Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus, di mana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia.

"Di sisi lain, kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com, yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,” kata Kusumo di sela-sela acara peresmian, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Tiket.com saat ini merupakan salah satu OTA yang memiliki inventaris terbesar untuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, car rental serta tiket konser.

E-commerce ini bekerjasama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, serta bekerjasama dengan dengan ribuan hotel domestik dan international.

Sedangkan Blibli Travel, yang baru saja dikembangkan akhir tahun lalu, telah memiliki lebih dari 1.000 varian produk travel seperti tiket kereta api, voucher hotel, tiket hiburan dan lifestyle.

Blibli.com sebagai e-commerce juga bermitra dengan pilihan bank terbanyak untuk program cicilan nol persen dan juga menyediakan semua tipe pembayaran bagi konsumen.

"Dengan adanya akuisisi ini, tentunya akan menjadikan Blibli.com sebagai sebuah group perusahaan e-commerce dengan pelayanan one-stop shop dan juga memberikan manfaat lebih bagi para pelanggan," ujar Kusumo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya