Infografik: Cara Asyik Nonton Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total di San Jose, California, Amerika Serikat.
Sumber :
  • NASA Ames Research Center/Brian Day

VIVA – Gerhana Bulan total akan berlangsung pada 31 Januari 2018. Peristiwa gerhana tersebut cukup langka, sebab gerhana ini terjadi saat bulan berada dalam konfigurasi Supermoon dan Blue Moon. 

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Fenomena Supermoon terjadi ketika saat purnama bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukuran bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. 

Sedangkan Blue moon adalah penamaan untuk bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender. Bulan purnama pertama pada Januari 2018 terjadi pada 2 Januari 2018. 

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Konfigurasi Blue Moon, Supermoon, dan gerhana bulan yang terjadi pada waktu bersamaan terakhir diamati pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun silam.

"Gerhana bulan terjadi ketika saat bulan purnama, bumi menutupi bulan sehingga bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dengan bulan selalu berubah, dan saat bulan berada di titik terdekat (perigee) dengan bumi bertepatan dengan bulan purnama terjadilah Supermoon," jelas LAPAN dalam keterangannya, Kamis 25 Januari 2018.

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Fenomena yang berlangsung pada tanggal 31 Januari 2018 diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial lagi, dan bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan bumi.

Durasi totalitas akan terjadi selama 1 jam 16 menit mulai dari pukul 19.52 sampai 21.08 (dalam WIB). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya