7 Fakta Dual Camera di Smartphone, Nomor 6 Tak Disangka

Kamera smarrtphone.
Sumber :
  • www.phonearena.com/Alcatel

VIVA – Teknologi kamera ganda atau dual camera makin dikenal. Mayoritas vendor smartphone ternama telah menggunakan teknologi tersebut. Baik pada bagian belakang, depan maupun kombinasi keduanya.

Antara Ponsel Dual Camera dan Multiple Camera, Ini Pilihan Realme

Keberadaan dual camera semakin memanjakan penggunanya untuk memotret dengan hasil foto yang lebih baik dibandingkan dengan satu kamera.

Selain itu, dual camera juga mampu menghasilkan kualitas gambar bagus dengan mengaplikasikan teknologi kamera bokeh, mode potret, serta efek exposure foto, pada kamera utama atau belakang.

Oprek Xiaomi Mi A1, Android One untuk Level Lebih Tinggi

Seperti dilansir situs Gadgetsnow, Selasa, 6 Februari 2018, berikut 7 fakta teknologi dual camera.

1. Debutnya 6 Tahun Lalu

Dual Camera di Smartphone, Pilih Depan atau Belakang?

HTC Evo 3D menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi dual camera pada 2011. Kamera ganda ini dipakai untuk memotret gambar 3D yang bisa terlihat di layar 3D HTC.

Hingga 2016, dual camera terus berevolusi dengan hasil yang lebih baik dan memperluas keterbatasan ruang pada smartphone modern.

2. Pengertian Dual Camera

Dual camera artinya memiliki dua lensa yang ditempatkan secara horizontal maupun vertikal. Keduanya akan memiliki modul kamera masing-masing.

Biasanya salah satu lensa akan menjadi lensa utama, sedangkan yang lainnya akan memiliki fitur penambah cahaya, memperluas jangkauan penglihatan kamera, atau menghasilkan latar belakang kabur (background blur) yang baik. 

3. Fungsi Dual Camera

Teknologi ini bisa membantu pengguna mendapatkan hasil foto yang lebih tajam dengan lebih banyak detail. Sebab, terdapat ultra-wide angle atau bisa membuat obyek foto lebih menonjol.

Pada iPhone 7 Plus dan Asus Zenfone 3 Zoom, dual camera bisa menghasilkan optical zoom satu hingga dua kali.

4. Kualitas Foto

Kualitas foto pada dual camera ditentukan oleh besaran sensor, piksel, aperture, hingga proses pengeditan. Hasil foto terbaik pada pencahayaan redup bisa dilihat pada smartphone seperti Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Google Pixel, OnePlus 3, LG G5 serta HTC 10. 

5. Dual Camera Depan

Untuk memanjakan para pengguna yang sering selfie, beberapa smartphone juga mengeluarkan dual camera pada bagian depan kamera.

Smartphone yang memperkenalkan dual front camera pertama adalah Lenovo. Pada 2015, mereka meluncurkan Vibe S1 dengan 8MP dan 2MP pada kamera depannya.

6. Smartphone Dual Camera Tidaklah Mahal

Beberapa smartphone yang menggunakan dual camera tidak membanderol produknya dengan harga mahal. Contohnya Advan A8 yang memiliki dual camera di belakang dijual hanya Rp2,3 jutaan.

7. Tahun Lalu Smartphone Dual Camera Berjaya

Setelah 6 tahun hadir dan juga para produsen smartphone melakukan inovasi pada teknologi ini, pada 2017, dual camera hadir hampir di setiap smartphone.

Mulai dari Asus Zenfone 3 Zoom, Huawei P10 serta P10 Plus, LG G6 dan V20, juga Oppo F3 dan F3 Plus. Awal tahun ini, Samsung A8 dan A8 Plus juga menyelipkan dual front camera.

Namun, dual camera akan menemui penantangnya tahun ini, karena beredar kabar Huawei P20 akan memiliki tiga kamera sekaligus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya