Berapa Jumlah Bakteri dan Virus yang Tersebar di Bumi?

Planet Bumi.
Sumber :
  • owall.net

VIVA – Ilmuwan dari tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Spanyol, menyebut miliaran virus bertebaran dan mengelilingi atmosfer Bumi.

Waspada Pancaroba di Maret-April Berpotensi Puting Beliung, Simak Pertandanya!

Mereka mengklaim bahwa virus-virus ini diangkut di bagian belakang partikel organik yang tersuspensi di udara dan gas, kemudian turun ke tanah.

Menurut salah satu ilmuwan, Curtis Suttle, ini bisa menjelaskan bagaimana virus yang identik secara genetik dapat ditemukan dalam jarak yang sangat jauh, dengan menumpang partikel-partikel kecil yang tersapu ke atmosfer.

Komersialisasi Kredit Karbon untuk Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Ia bersama ilmuwan lainnya, untuk pertama kali, menghitung jumlah virus yang tersapu dari tanah ke atmosfer.

"Jumlahnya sangat besar yang terbentang sampai miliaran per meter persegi," kata dia, seperti dikutip dari news.sky, Rabu, 7 Februari 2018.

Planet Ini Punya Ekor Panjang karena Tertiup Angin Matahari

Suttle, ahli virologi dari Universitas British Columbia, AS, menambahkan, untuk virus dan bakteri yang tidak mencapai ketinggian stratosfer, mereka akan terangkat jauh di atas zona di mana cuaca kondisi cuaca sedang berubah.

Ia mengatakan bahwa pada ketinggian troposfer, mereka dapat dibawa ribuan kilometer sebelum dibuang kembali ke tanah.

"Kami sudah mengidentifikasi ada sekitar 800 juta virus per meter persegi mengendap di atas lapisan batas planet kita,” ungkapnya.

Suttle menuturkan, miliaran virus dan puluhan juta bakteri per meter persegi terdeteksi sedang diangkut oleh atmosfer di lokasi platform yang tinggi di Pegunungan Sierra Nevada di Spanyol.

"Bakteri dan virus biasanya disimpan kembali ke Bumi melalui hujan dan gangguan alam lainnya seperti badai di Sahara. Sayangnya, hujan kurang efisien menghilangkan virus dan bakteri dari atmosfer," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya