Siapa Juru Penentu Emoji?

Ilustrasi emoji.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pengguna perangkat mobile sudah akrab dengan emoji saat berkomunikasi dengan pengguna lain. Kabar bagusnya, pertengahan tahun ini, bakal hadir 157 emoji baru yang membuat komunikasi pengguna makin ekspresif dan menyenangkan. 

INFOGRAFIK: Semangka Simbol Dukungan Palestina

Ngomong-ngomong soal keragaman emoji, sebagain dari Anda bisa jadi belum tahu siapa yang juru penentu untuk menghadirkan emoji di smartphone maupun tablet pengguna. 

Dikutip dari How Stuff Works, Jumat 9 Februari 2018, jika Anda berpikir, vendor perangkat misalnya Apple, Google maupun Microsoft yang membuat dan menghadirkan emoji di perangkat besutan mereka, maka buang jauh pikiran tersebut. Sebab, semua emoji yang telah hadir di perangkat mobile harus melewati dan mendapat persetujuan dari Unicode Consortium.

Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Ini Alasannya

Konsorsium ini merupakan organisasi nonprofit yang mengatur standar internasional untuk produk software pada semua sistem operasi. Unicode Consortium mengelola dan mengatur daftar resmi emoji untuk memastikan mereka muncul di semua jenis smartphone, tablet, laptop dan perangkat komputer lain. 

Emoji baru di WhatsApp

Facebook Animated Avatars Can Already Be Used on WhatsApp

Konsorsium ini terdiri dari perusahaan teknologi besar. Apple, Google dan Microsoft merupakan tiga anggota penuh Unicode Consortium. Facebook, Adobe, Oracle dan IBM juga masuk dalam konsorsium tersebut.

Konsorsium ini menentukan ikon mana yang harus digabungkan dalam Unicode, standar industri komputer yang berhubungan dengan pengkodean karakter. Dalam prosesnya, anggota konsorsium ini akan memberi suara dalam berbagai standar yang diatur dalam konsorsium tersebut. (ase)

Password/kata sandi.

Trik Sederhana Bikin Password, Bisa Pakai Emoji

Menciptakan password yang kuat seringkali membingungkan, sulit diingat, dan memerlukan kriteria tertentu seperti angka, simbol dan huruf besar, kini bisa juga pakai emoji

img_title
VIVA.co.id
10 November 2023