7 Fakta Elon Musk, Korban Bully hingga Diduga Tuli

sorot antariksa - elon musk - tesla motors
Sumber :
  • AAP/Ben Macmahon/via REUTERS

VIVA – Keberhasilan perusahaan antariksa swasta, SpaceX meluncurkan roket terkuat di dunia, Falcon Heavy dan mobil listrik Telsa Roadster beserta awaknya Starman ke antariksa, mencuri perhatian dunia. 

Nikita Mirzani Didatengin Keluarga Pacar saat Ulang Tahun, Bakal Segera Menikah?

Pujian publik langsung dialamatkan ke pendiri SpaceX, Elon Musk. Pria yang juga pendiri Tesla dan PayPal itu memang dikenal sosok yang ambisius. Selain Falcon Heavy, Musk juga ingin menjadi yang pertama bisa membawa koloni manusia ke Planet Mars. 

Di balik keberhasilan dalam dunia teknologi, pengusaha miliuner teknologi dunia itu beragam cerita. Misalnya dia gonta ganti pasangan, rumah tangganya tak langgeng hingga masa kecilnya yang pernah dirusak kawan-kawannya karena namanya. 

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Berikut beberapa fakta Elon Musk yang lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada 28 Juni 1971, dikutip dari buku biografinya dengan judul 'Elon Musk Pria di Balik PayPal, Tesla, dan SpaceX serta Masa Depan yang Fantastis’, Jumat 9 Februari 2018: 

1. Korban bully karena nama aneh

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Semasa kecil, Elon Musk jadi korban olok-olokan anak laki-laki. Nama Elon Musk dinilai tidak umum. Nama tersebut berasal dari kakek buyut Musk, John Elon Haldeman. Dia diolok-olok selama bertahun-tahun saat sekolah dasar.

2. Penyimpangan dan tuli

Elon Musk kecil mengalami penyimpangan dan tak sadarkan diri seperti kerasukan beberapa kali. Orang bicara padanya tapi tatapannya datar. Orang tuanya menduga Elon Musk menyandang tuli dan akhirnya kelenjar polionya dihilangkan.

3. Jual kode untuk video game

Pada usia 12 tahun, Musk menjual kode original untuk video game Blastar ke sebuah majalah komputer. Musk mendapatkan imbalan US$500. 

4. Startup pertama

Mendirikan startup untuk pertama kalinya pada 1995, dengan nama Zip2 Corp. Startup ini bergerak di bidang panduan kota secara online. Musk kemudian menjual startup ini ke Compaq pada 1999 dengan nilai US$307 juta 

5. Pernah dikudeta karyawan

Penjualan Zip2 menaikkan kepercayaan diri Musk untuk bisnis teknologi. Pada 1999 dia mendirikan layanan finansial perbankan online, X.com. Musk menjadi CEO X.com.

Saat Musk menjabat CEO X.com, dia dikudeta oleh karyawannya atas keinginan dari investor perusahaan. Investor menunjuk CEO baru, Bill Harris namun kinerjanya tidak cemerlang.

Setahun kemudian X.com merger dengan Confiny. Harris kemudian didongkel dan Musk kembali menjadi CEO. Pada 2001, merger X.com dan Confiny berubah menjadi PayPal. 

6. Menikah cerai menikah cerai

Musk gonta ganti pasangan. Pasangan pertamanya, Justine Winson Musk hanya berumur 8 tahun. Mereka pisah pada 2008. Istri selanjutnya yakni Talulah Riley tapi cerai dua kali dengannya, terakhir cerai pada 2012. 

7. Pacaran dengan mantan istri Johnny Deep 

Setelah bercerai, Musk menambatkan hatinya pada Amber Heard, mantan istri Johnny Deep. tapi pacaran mereka cuma berlangsung setahun. Pada 2017, mereka putus. 

      

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya