NASA Mau Mampir Saturnus Pakai Kapal Selam

Ilustrasi Kapal Selam NASA yang akan bertugas menelusuri Titan, satelit terbesar milik Saturnus.
Sumber :
  • Nasa

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA selama 10 tahun mempelajari Planet Cincin Saturnus beserta 56 satelit alami, termasuk yang paling besar bernama Titan, yang berhasil ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Cassini.

Cincin-cincin Saturnus Sebentar Lagi Lenyap

Seperti diketahui, Cassini mengakhiri masa tugasnya alias pensiun selama satu dekade pada 15 September 2017 lantaran mengalami hilang kontak saat memasuki atmosfer Saturnus. 

Oleh karena itu, NASA akan mengembangkan pesawat ruang angkasa tak berawak canggih pengganti Cassini yang rencananya akan bertugas pada 2040.

Ilmuwan NASA Semakin Yakin dengan Alien

Namun, mengutip situs Sputniknews, Sabtu, 10 Februari 2018, pesawat yang dikembangkan oleh NASA dan University of Washington, AS, ini bentuknya berupa kapal selam.

Pesawat ini nantinya akan dikirim ke satelit terbesar milik Saturnus, Titan, untuk menjelajahi perairan hidrokarbon Titan yang membeku dalam 20 tahun ke depan.

Fenomena Astronomi selama Agustus, dari Supermoon hingga Hujan Meteor

Saat ini masih dalam tahap perancangan namun masih diperbarui. "Kapal selam yang dirancang akan beroperasi secara mandiri karena harus mempelajari kondisi atmosfer dan samudera di Titan," demikian bunyi keterangan resmi NASA.

Pesawat luar angkasa Cassini mendekati cincin Saturnus

Dengan demikian, bahan pelindung pada bodi kapal selam tersebut haruslah kuat dan antipecah, mengingat suhu di samudera Titan akan mencapai minus 300 Fahrenheit (minus 184 derajat Celsius) di mana akan berisi gas etana dan metana.

"Kami harus memutar otak membuat bahan yang khusus menahan suhu panas yang sangat tinggi sehingga tidak mengganggu karakteristik hidrodinamik dari kapal selam," ungkap keterangan resmi.

Tak hanya itu, peneliti dari kedua institusi tersebut juga harus mengembangkan kamera video khusus dan perangkat optik yang disebut Borescope, yang memiliki kemampuan menahan suhu rendah dan tekanan tinggi.

Pesawat ruang angkasa Cassini merupakan pesawat tak berawak milik NASA yang berhasil mengumpulkan data mengenai Saturnus beserta satelit-satelit yang mengelilinginya, termasuk Titan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya