Berapa Jumlah Total Negara di Dunia?

Majlis Umum PBB Batalkan Klaim Yerusalem Ibu Kota Israel
Sumber :
  • Anadolu Ajansi/At?lgan Özdil

VIVA – Pertanyaan pada judul ini memang terdengar klasik. Namun bisa jadi jawabannya cukup mengejutkan dan tidak sama dengan apa yang selama ini dipahami. 

Perlu Ada Tim Transisi dari Pemerintahan Jokowi ke Prabowo? Politisi Golkar Bilang Begini

Laman Express.co.uk menyebut jika jumlah negara yang ada di dunia akan bergantung pada definisi negara itu sendiri. Menurut PBB, ada sekitar 195 Sovereign States (negara berdaulat) atau negara di dunia.

PBB mendefinisikan negara berdaulat sebagai sebuah wilayah yang memiliki perbatasan dan pemerintahan independen. Di dalam keanggotaan PBB ada 193 negara berdaulat, sedangkan dua sisanya didefinisikasn sebagai 'negara' saja. 

Tank Israel Serang RS Al-Shifa di Gaza, Ledakan Keras Terdengar

Vatikan dan Palestina diklasifikasikan sebagai UN Observer States (negara dalam pengamatan PBB).

Jika penghitungan melibatkan negara dengan pengakuan parsial maka total negara di dunia ada 201. Taiwan, Sahara Barat, Kosovo, Ossetia Selatan, Abkhazia dan Cyprus Utara (bagian dari Turki) diidentifikasi sebagai independen namun diklaim sebagai bagian dari negara lain.

Komite HAM PBB Soroti Netralitas Jokowi di Pilpres 2024, Jubir Timnas Amin Bilang Begini

Di samping negara-negara tersebut yang diakui sebagian, ada tiga negara yang telah mendeklarasikan dirinya. Meski tidak dikenali PBB namun mereka tetap menjalankan negara secara independen.

Negara tersebut adalah Nagorno-Karabakh, Transnistria dan Somaliland. Mereka disebut De Facto Sovereign State (negara berdaulat de facto). Sehingga total negara di dunia menjadi 204.

Lalu Muhammad Iqbal.

Respons Kemlu Terkait Anggota PBB yang Singgung Netralitas Jokowi di Pemilu

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menanggapi pernyataan dari Anggota Komite HAM PBB, Bacre Waly Ndiaye, mengenai pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024