Beda Bixby dengan Google Assistant dan Siri

AR Emoji di Samsung Galaxy S9.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Teknologi selalu mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, termasuk halnya asisten virtual berbasis kecerdasan buatan. Asisten virtual, kini berkembang makin canggih dan lebih pintar dalam merespons perintah pengguna.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Menurut Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Selvy Gofar, hingga masa depan teknologi kecerdasan buatan akan semakin berkembang. 

"Dari perkembangan teknologi itu ada augmented reality (AR), internet of things (IoT), ada juga virtual reality (VR). Itu kan, semuanya ke depannya akan mengarah ke sana dengan AI (kecerdasan buatan) juga. Yang berbau intelligence atau artificial gitu ke depannya akan terus berkembang sih," ujarnya di Jakarta, Jumat 16 Maret 2018.  

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Asisten virtual juga termasuk teknologi yang sangat menjamur saat ini. Mulai dari Siri milik Apple, Google Assistant dari Google, dan Bixby keluaran Samsung. Asisten virtual Bixby, saat ini sudah ada di kulkas, TV dan smartphone perusahaan Korea Selatan itu. Namun, di Indonesia, Bixby hanya bisa ditemui pada smartphone saja. 

"Sampai saat ini sih, masih di smartphone kalau di Indonesia. Tetapi, fungsinya sudah lebih berkembang sih kalau di Galaxy S9. Bixby Vision-nya sudah bisa ngukur kalori," ujarnya. 

Unik, Pameran Ini Mendukung Pertumbuhan Berkelanjutan Sektor UMKM

Ia menuturkan, untuk penjualan di Amerika Serikat, Bixby sudah bisa menghubungkan sebuah barang dengan e-commerce setempat. Fitur ini yang juga sedang dikembangkan untuk produk yang dikeluarkan di Indonesia. 

Bixby masih dalam tahap pengembangan, dari yang awalnya hanya membaca teks dan gambar dengan Bixby Vision, hingga sekarang sudah bisa menerima perintah melalui suara. Namun, sampai tahap ini, asisten virtual tersebut hanya bisa menerima perintah menggunakan Bahasa Inggris.

"Kebanyakan dari semua AI yang ada di Indonesia itu belum ada yang Bahasa Indonesia sih, yang lain-lain lah masih pakai Bahasa Inggris," ujar Selvy. 

Menurutnya, perbedaan Bixby dengan asisten virtual lain adalah asisten virtual Samsung saat ini sudah bisa menerima dua perintah sekaligus. Sedangkan pada beberapa asisten lain, masih harus satu perintah saja dalam satu kali suruhan 

"Bixby yang ada bisa sampai dua command jadi 'Bixby Can you open picture and then post to Facebook' itu bisa. Itu sudah ada dua perintah yang bisa dilakukan. Kalau dari yang lain masih ada yang belum," jelas Selvy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya