Mengapa Rambut Manusia Keriting

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Bulu domba yang ikal memunculkan banyak spekulasi. Namun para peneliti mengatakan spekulasi tersebut tak ada yang mendekati kebenarannya. Peneliti AgResearch di Selandia Baru membuat sampel bulu domba dari 6 domba Merino. Hewan jenis ini dipilih karena sel bulunya lebih rapi. 

Top Trending: Misteri Sosok Amelia di Kasus Kopi Sianida, Kisah Pilu WNI di Gaza Palestina

Peneliti mencuci sampelnya menggunakan air murni lalu mengeringkannya dengan sebuah alat dan memastikan sampel tidak menempel satu sama lain serta tidak mengubah bentuk. Setelah itu diteliti menggunakan mikroskop, untuk memastikan lengkungan setiap rambut pada sampel. Peneliti juga menghitung perbedaan tipe sel dan mencatat panjang selnya. 

Para peneliti melakukan itu untuk menguji dua teori terkenal tentang bentuk ikal tersebut. Teori pertama mengatakan jaringan ikal dibangun, sel pada satu sisi dibagi lebih cepat daripada lainnya. Namun saat peneliti meneliti bulu tersebut, ditemukan tidak ada perbedaan jumlah sel. Temuan ini membantah teori pertama. 

Viral, Pencuri Domba di Ciamis Tenteng Senjata Api dan Berbaju Loreng

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Teori kedua menyatakan, perbedaan antara dua jenis sel yang membentuk serat wol yaitu sel orthocortical yang lebih panjang dan paracortical yang lebih pendek. Proporsi keduanya membuat ikal pada bulu. Saat diuji, peneliti menemukan rasio panjang tersebut tidak bisa menentukan serat ikal tersebut. 

Dokter Indonesia Dapat Kesempatan Berkarier di Korea

"Apa yang tidak kami duga adalah bahwa kedua teori benar-benar akurat dalam memprediksi," ujar salah satu peneliti Duane Harland, dilansir situs New York Times, Jumat 23 Maret 2018. 

Harland menyatakan, komposisi sel bisa berubah yaitu paracortical bisa lebih panjang daripada orthocortical. Perbedaan ini tak membuat kesimpulan pasti dengan perbandingan sebuah sel bisa menghasilkan sel yang ikal.   
Ilmuwan melakukan penelitian ini sekaligus untuk menemukan jawaban mengapa ada sebagian manusia yang memiliki rambur lurus dan sebagian keriting. Rupanya sel di bagian luar rambut keriting lebih panjang ketimbang di dalam. Sedangkan untuk rambut lurus, sel di bagian dalam atau luar rambut memiliki panjang yang sama.

Lirik lagu Mariadi viral di TikTok

Lirik Lagu 'Tak Kiro Maria Jebul Mariadi' Viral di TikTok, Disangka Maria Ternyata Mariadi

Sosok Mariadi tengah viral di TikTok. Siapakah sebenarnya Mariadi? Berikut penjelasan lengkapnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2024