Fitur Anyar di WhatsApp, 'Obat' Malu Salah Pencet

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – WhatsApp merilis fitur terbarunya pada platform Android. Fitur yang dirilis yakni locked recordings. Fitur baru ini akan mencegah pengguna malu tak sengaja mengirim rekaman audio ke kontak pengguna.  Fitur anyar ini bisa jadi ‘obat’ malu salah pencet yang kemudian mengirimkan rekaman ke kontak pengguna.

10 Fitur WhatsApp untuk Pemula

Fitur ini pertama kali dilaporkan oleh akun WABetaInfo, yang selama ini rajin melaporkan fitur-fitur baru yang dikembangkan WhatsApp. Dikutip dari laman WABetaInfo, Selasa 10 April 2018, fitur baru itu hadir dengan ikon gembok. 

Dalam fitur rekaman di WhatsApp sebelumnya, pengguna harus terus menekan ikon mikrofon, untuk merekam sesuatu dan kemudian melepaskan ketukan pada ikon mikrofon untuk mengirimkan rekaman ke kontak pengguna. 

Fitur Sepele WhatsApp yang Belum Banyak Orang Tahu

Kadang kala beberapa pengguna tiba-tiba mengirim rekaman ke kontak pengguna, saat tak sengaja menyentuh ikon mikrofon tersebut. Pada beberapa kasus, pengguna mengirimkan rekaman tak sengaja, karena ikon mikrofon terpencet di kantong celana. 

Nah dengan fitur baru bergembok itu, pengguna bakal punya cara mencegah malu melakukan hal yang memalukan tersebut. 

8 Fitur Rahasia WhatsApp, Kamu Wajib Tahu

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna mengetuk ikon mikrofon, dan setelah 0,5 detik, WhatsApp akan memunculkan antarmuka baru, yakni muncul tombol gembok di atas ikon mikrofon. 

Ikon gembok itu berfungsi untuk menahan rekaman, apakah akan dibatalkan atau diteruskan ke pengguna. 

Untuk bisa menahan rekaman, geser jari Anda ke arah ikon gembok tersebut. Maka nanti rekaman akan berjalan dan Anda bisa melepaskan ketukan. 

Pada kotak chatting, nantinya akan muncul opsi 'batalkan'. Jika pengguna tak ingin rekaman dikirimkan maka cukup ketuk 'batalkan' saja. 

Begitu diketuk tanda tersebut, file rekaman akan terbuang melalui ikon mikrofon yang naik ke atas dan masuk ke ikon sampah. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya