Ini Beda antara Astronaut, Kosmonaut, dan Taikonaut

Ilustrasi baju astronaut.
Sumber :
  • NASA/Radislav Sinyak

VIVA – Jenis profesi ini sangat ketat perekrutannya dan penuh risiko. Sebab, tugasnya menjelajahi luar angkasa. Pekerjaan itu bernama astronaut.

Ada Kejutan dari China di Pagi Hari Ini

Tak hanya mengelilingi luar angkasa, namun astronaut juga dijejali berbagai misi yang sudah dibawa dari Bumi. Tak hanya astonaut, adapula kosmonaut dan taikonaut.

Lantas, apa yang membedakan ketiga profesi tersebut? Berdasarkan informasi yang dirangkum VIVA dari berbagai situs atau laman, kata astronaut berasal dari kata Astron (Bintang) dan Nautis (Penjelajah).

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Usai Bertugas di Ruang Angkasa, Astronot dan Kosmonot Kembali Ke Bumi

Kata astronaut resmi dipakai oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), JAXA (Badan Antariksa Jepang), ESA (Badan Antariksa Eropa), dan CSA (Badan Antariksa Kanada).

Liu Yang, Perempuan China Pertama yang Melayang di Luar Angkasa

Lalu, kosmonaut merupakan penjelajah ruang angkasa yang merujuk pada orang-orang Rusia dan Eropa Timur, dahulu Uni Soviet. Kosmonaut, Kosmos dalam bahasa Yunani (Semesta) dan Nautes (Penjelajah), adalah orang yang dilatih oleh Badan Antariksa Rusia atau Russian Federal Space Agency (RKA).

China kirim 2 astronaut ke luar angkasa

Adapun, taikonaut berasal dari bahasa China, Taikong (Kekosongan), adalah sebutan profesional untuk orang yang dilatih untuk menjelajah angkasa oleh Badan Antariksa China (CNSA).

Pada intinya, baik astronaut, kosmonaut dan taikonaut, adalah profesi yang sama. Hanya asal dari antariksawan tersebut saja yang akhirnya membedakan istilah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya