6 Fakta Android P, Xiaomi dan Oppo Juga Bisa Pakai

Ilustrasi aplikasi di Android.
Sumber :
  • www.electricpig.co.uk

VIVA – Dalam acara tahunan Google I/O 2018 sepanjang pekan ini, Android P mulai diperkenalkan lebih detail lagi. Sebelumnya, Android P telah di-preview pada Maret kemarin, dan kemungkinan besar akan selesai sekitar Agustus atau September 2018.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Dilansir situs GSM Arena, Rabu, 9 Mei 2018, berikut sejumlah fakta mengenai Android P yang diumumkan Google.

Navigasi

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Fitur paling baru yang bakalan ada di Android P adalah sistem navigasi. Hanya akan ada tombol Home berbentuk silinder di bagian tengah bawah.

Salah satu fungsinya untuk mengakses Overview dan App. Drawer. Swipe tombolnya akan masuk di Mode Overview. Jika digeser lagi maka pengguna akan mengakses App. Drawer.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Aplikasi android

Baterai

Android P akan memiliki baterai yang adaptif. Dengan menggunakan mesin pintar atau machine learning untuk mencari tahu aplikasi apa yang paling sering digunakan dan yang akan digunakan beberapa jam kemudian.

Ponsel dengan Android P akan memprioritaskan daya untuk aplikasi yang sering digunakan tersebut dan mengurangi pada aplikasi lainnya.

Secara umum pengurangan tersebut mencapai 30 persen dari Wakeup CPU untuk aplikasi.

Brightness

Mesin pintar juga akan digunakan untuk pengaturan tingkat kecerahan. Kemungkinan akan bekerja seperti layaknya Auto Brightness yang ada di Samsung.

Dengan begitu, saat pengguna secara manual mengatur Brightness, ponsel akan mengingat itu dan secara otomatis settingan-nya tetap sama pada keesokan hari saat pemakaian.

Cara Mengubah Kamera Smartphone Android Menjadi Scanner

Memberi Saran

Android P juga akan menunjukkan beberapa saran ke penggunanya saat menggunakan ponsel. Saran tersebut di antaranya menelepon kontak yang spesifik atau melanjutkan Playlist di aplikasi Spotify saat pengguna menghubungkan ponsel dengan headphone.

Saran ini datang dari kebiasaan penggunaan ponsel, termasuk saat menggunakan Play Store atau Google Assistant.

Penunjuk Waktu

Dashboard baru akan menunjukkan berapa lama waktu yang dihabiskan pengguna pada satu aplikasi, berapa lama mengunci handset, dan berapa banyak notifikasi yang diterima.

Selain itu, App. Timer juga membuat pengguna bisa mengatur berapa lama yang akan dihabiskan dalam satu aplikasi.

Tidak Hanya di Pixel

Versi Beta telah dikeluarkan pada 8 Mei kemarin. Namun, tidak hanya di ponsel Pixel, Android P juga akan digunakan seperti Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, atau Vivo X21.

Sony Xperia XZ2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya