Raja Catur Dunia Ditumbangkan 'Deep Blue,' Siapa Dia?

Pertandingan catur antara manusia dan komputer.
Sumber :
  • www.mashable.com/Stan Honda

VIVA – Hari ini 21 tahun silam, komputer rancangan IBM bernama Deep Blue sukses menumbangkan juara catur dunia asal Rusia, Gary Kasparov.

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Mengutip situs History, saat mengalahkan Kasparov, kemampuan Deep Blue sudah ditingkatkan, sehingga grand master catur itu menyerah hanya dalam 19 langkah.

Namun, Kasparov menuding tim Deep Blue curang dan ia meminta pertandingan ulang. Tuntutan itu ditolak tim IBM dan memutuskan memensiunkan Deep Blue seusai pertandingan.

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

komputer - server - ibm - cpu - IT

Dengan demikian, Deep Blue berhak atas hadiah US$700 ribu atau sekitar Rp9,6 miliar untuk kurs saat ini.

8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat

Menurut Mashable, game pamungkas antara Deep Blue dengan Kasparov yang terjadi pada 11 Mei 1997 itu merupakan rangkaian pertandingan catur ulang antara komputer IBM dan raja catur dunia tersebut.

Satu tahun sebelumnya, sang grand master catur total pada Februari 1996 memenangi tiga game dan imbang dua game. Saat itu Kasparov bisa membawa pulang hadiah US$400 ribu atau Rp5,5 miliar.

Pertandingan catur antara manusia dan komputer

Namun, dalam seri ulang pertandingan pertama yang dilaksanakan pada 3 Mei. Hasilnya Kasparov mengalahkan Deep Blue pada game pertama hanya dengan 45 langkah.

Kemudian, Deep Blue membalas juara dunia tersebut pada game kedua pada 4 Mei. Deep Blue memenangi game kedua dan tiga game selanjutnya yang berlangsung pada 6, 7, dan 8 Mei, berakhir imbang.

Akhirnya, game pamungkas Kasparov mengakui keunggulan Deep Blue, sekaligus pembuktian jika komputer mampu mengalahkan kekuatan otak manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya