Rekor, Pinus Tua Usia 1230 Tahun Masih Kokoh

Pohon pinus tua.
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/Gialuca Piovesan/Ecological Society of America

VIVA – Pohon tertua di Eropa berumur 1.230 tahun ditemukan. Pohon tua itu masih hidup dengan sangat baik. Para peneliti menamai pohon pinus tua itu sebagai Italus.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Pohon itu ditemukan di Taman Nasional Pollino, Italia. Berdasarkan makalah yang diterbitkan pada jurnal Ecology, Italus mulai tumbuh pada 789 atau saat pasukan Viking tiba di Pantai Inggris untuk pertama kalinya. Pohon itu merupakan pinus Heldreichii, jenis pinus yang banyak tumbuh di Pollino. Pohon pinus Italus itu memecahkan rekor pinus tertua sebelumnya di Yunani utara, yang berusia 1075 tahun.

Dikutip dari situs Daily Mail, Rabu 30  Mei 2018, temuan pohon tertua di Eropa itu membuktikan Italus berhasil melewati beberapa cuaca ekstrem yang terjadi selama 1000 tahun terakhir. Salah satunya, pohon itu melewati periode dingin pada abad pertengahan dan pemanasan global yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Gunung Pancar, Tempat Healing Murah Gak Jauh dari Jakarta

Para peneliti meneliti lingkaran kecil pada batang pohon dan menemukan selama beberapa abad tumbuh lingkaran kecil di pohon itu menjadi lebih besar. Hal ini mengindikasikan Italus hidup dengan kondisi terbaiknya. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Peneliti dari Universitas Tuscia Italia, Gianluca Piovesan menyebutkan, banyak alasan mengapa pinus kuno itu bisa tumbuh sangat subur. 

"Sangat sulit, karena ada beberapa penelitian mengenai efek dari periode hangat pada ekosistem boreal (kawasan beriklim sejuk atau sedang di belahan bumi utara) di Mediterania," ujarnya.

Namun kemungkinan besarnya, kata dia, karena letak pohon tersebut di pegunungan menyebabkan udara sejuk tetap menjaga Italus tetap hidup. Selain itu peraturan baru di Benua Eropa untuk menurunkan tingkat polusi juga membawa peran penting kehidupan pinus kuno itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya