5 Fakta Ivan Lanin 'Dokter' Bahasa Indonesia di Twitter

Wikipediawan bahasa Indonesia, Ivan Lanin (paling kiri)
Sumber :
  • Instagram/@ivanlanin

VIVA – Bagi pengguna aktif Twitter, nama Ivan Lanin cukup menjadi perhatian. Pria itu setia memosting penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam akunnya.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Dia mengaku memanfaatkan ketergantungan pada internet untuk saling menjaga dan belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ivan mengatakan senang menjadi wikipediawan bahasa Indonesia di Internet, tidak pernah ada duka yang dirasakan.   

"Tidak ada susahnya, senang terus karena selalu dapat ilmu baru. Saat berada di tempat semua orang bisa bertanya, setiap masuk Twitter, saya selalu dapat ilmu baru dari teman-teman yang lain," ujar Ivan saat ditemui VIVA pada acara peluncuran Quora bahasa Indonesia di Jakarta, Rabu 30 Mei 2018.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Berikut beberapa fakta Ivan Lanin:

Banting setir

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Ivan kini dikenal sebagai ahli bahasa Indonesia. Namun siapa sangka latar pendidikan Ivan adalah insinyur teknik kimia Institut Teknologi Bandung. Belakangan dia terkenal menjadi wikipediawan bahasa Indonesia dan disebut sebagai ahli bahasa Indonesia.  

Google dan KBBI

Pria kelahiran Jakarta ini juga menegaskan ketergantungannya terhadap Google. Dia mengungkapkan bagaimana caranya dia menjadi dokter bahasa Indonesia di Twitter. 

Jika ada padanan kata asing yang belum ia mengerti dalam bahasa Indonesia, maka Ivan akan bertanya kepada Google. Contohnya saat dia mendapatkan kosa kata 'catcalling', hal pertama yang Ivan lakukan adalah membuka Google. Catcalling punya arti bersiul. 

Beda nasib jika pertanyaan yang dilontarkan mengenai tatanan bahasa Indonesia, seperti perbedaan iri dan dengki. Maka Ivan akan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai pedoman utamanya.

Punya platform bahasa Indonesia

Pria berdarah Minang ini menciptakan berbagai platform bahasa Indonesia, Kateglo pada 2009. Kateglo kependekan dari kamus, tesaurus, dan glosarium. Situs Kateglo dapat membantu pengguna dalam mencari sinonim (persamaan kata) dan arti kata. Selain itu, Ivan juga menghadirkan situs Asalkata.com. Platform ini berguna untuk mencari dari mana asal muasal kata tersebut. Misalnya kata ‘atlet’ berasal dari bahasa Inggris atau malah bahasa Belanda. 

Prihatin bahasa artis

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung ini tak menampik keberagaman bahasa yang bermunculan saat ini. Ivan tidak melarang kepada anak muda di Indonesia yang ingin berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Malah Ivan merasa prihatin dengan artis-artis yang sering muncul di televisi. 

"Orang enggak bisa bedakan kapan dia harus bicara formal, kapan dia harus bicara tidak formal. Seperti kebanyakan artis sekarang yang muncul di televisi," ujarnya.

Prediksi kata yang ngetren 

Sebelum warganet bertanya mengenai arti kata yang sebentar lagi akan menjadi tren, Ivan mengaku sudah bisa memprediksikan kata tersebut. Pria yang sudah memiliki 600 ribu lebih follower di Twitter ini akan terlebih dahulu mencari arti kata tersebut sebelum memberi penjelasan kepada warganet. Contohnya adalah kata ‘phubbing’. Kata ‘phubbing’ merupakan gabungan dari ‘phone’ dan ‘snubbing’ yang artinya tidak peduli sekitar karena asyik bermain gadget. 

Ivan saat ini masih aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari followernya di Twitter. Dia mengharapkan warganet untuk jangan sungkan bertanya agar pengetahuan kedua belah pihak menjadi bertambah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya