Begini Cara Drone Temukan Orang di Hutan

Ilustrasi drone
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Pesawat tanpa awak atau drone saat ini tidak hanya digunakan untuk keperluan militer saja. Drone kini bisa dilibatkan membantu industri minyak, gas dan energi, inspeksi gedung, perkebunan, pemetaan situs konstruksi, keamanan publik, bahkan pencarian manusia di hutan.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Lewat kemampuannya tersebut, DJI bersama Halo Robotics berkolaborasi untuk mengembangkan potensi drone di Indonesia. Baru diperkenalkan beberapa bulan lalu, Drone DJI Matrice 210 diketahui mampu terbang hingga tujuh kilometer dengan durasi selama 38 menit.

Drone ini dirancang menggunakan kamera pelacak panas Zenmuse XT2. Managing Director Halo Robotics, Johannes Soekidi mengatakan, Zenmuse XT2 memiliki beberapa mode penerbangan cerdas. Mode pertama disebut QuickTrack.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Drone DJI Matrice 210.

"Mode ini digunakan untuk memusatkan kamera pada area yang dipilih," kata dia di Jakarta, Jumat, 6 Juli 2018. Mode kedua disebut HeatTrack. Mode ini secara otomatis melacak objek terpanas dalam gambar yang ditangkap kamera.

Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel

Mode ketiga disebut TempAlarm, di mana mode ini mampu menafsirkan data thermal (panas tubuh) secara realtime.

"DJI Matrice Seri 210 punya sertifikasi waterproof IP43. Tapi belum full waterproof. Kalau terkena gerimis atau splash (cipratan) masih bisa. Yang enggak bisa terbang saat hujan," paparnya.

Drone DJI Matrice 210.

Drone yang beratnya mencapai dua kilogram ini juga bisa dipakai Badan SAR Nasional untuk mencari manusia di hutan. Pencarian menggunakan drone dirasa lebih efektif dibanding harus masuk ke dalam hutan.

Pada display, lanjut Johannes, hanya akan menampilkan titik-titik merah jika menangkap temperatur manusia. "Bisa, asal tidak full terblokir pohon," tutur dia.

DJI Matrice 210 dibandrol sekitar Rp150 juta. Namun, untuk paket lengkapnya yang mencakup dual-camera dan beberapa aksesoris lainnya, harganya bisa mencapai Rp500 juta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya