Beda Tombol Like, Dislike, dan Downvote di Facebook

Tombol downvote pada Facebook diklaim berbeda dengan dislike.
Sumber :
  • www.geek.com

VIVA – Tombol downvote dikabarkan bakal diujicoba oleh lebih banyak pengguna Facebook. Kemunculan tombol ini dilakukan Facebook untuk kembali memunculkan interaksi berkualitas antar penggunanya.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Meski begitu, tombol downvote diklaim berbeda dengan dislike. Selain itu, downvote juga terpisah dari fitur lain yang ada di platform Facebook.

Contohnya, seperti dikutip situs Ars Technica, Selasa, 31 Juli 2018, pengguna meng-klik like dan downvote secara bersamaan, maka tidak akan membatalkan keduanya.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Fitur ini juga akan terpisah dari emoji emotion yang sudah ada di Facebook. Sama seperti tombol like, jika meng-klik emoji juga tidak akan berpengaruh pada downvote.

Akan tetapi, akun dengan tanda khusus yang bisa menggunakan fitur ini. Pengguna tanpa tanda khusus tidak akan melihat nilai-nilai yang naik maupun turun.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Beberapa pengguna di Amerika Serikat sudah mengujicoba fitur ini pada Februari 2018. Disusul kemudian negara lain seperti Australia dan Selandia Baru yang uji coba tombol downvote pada April.

Selain itu, terdapat pesan pada akun yang melakukan uji coba downvote, seperti 'tekan panah ke bawah jika komentar memiliki niat buruk atau tidak sopan', atau 'masih baik-baik saja jika tidak setuju dengan cara yang sopan'.

Kendati demikian, pesan tersebut saat ini dikabarkan tidak muncul lagi pada akun pengguna di Amerika Serikat. Hingga ini Facebook belum memberikan pernyataan resmi mengenai fitur barunya itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya