Foto Instagram Kamu Bisa Retro 90-an, Cobalah 5 Aplikasi Ini

Foto aplikasi retro Famicam64
Sumber :
  • Instagram/@ordinaryanomaly

VIVA – Anda yang dulu menikmati kehidupan pada tahun 90-an tentu ingat beberapa hal yang cukup viral, sebut saja permainan video, grafis komputer 3D, CD player, JNCO jeans, Tamagotci, dan lain sebagainya.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Untuk kembali mengenang masa itu, berikut ini adalah aplikasi yang bisa membuat foto dan video mempunyai gaya retro, dan bisa dicoba untuk nostalgia zaman dulu pada Instagram. Dikutip dari laman Mashable, Jumat 10 Agustus 2018, berikut adalah aplikasi yang bisa membuat foto dan video Anda terlihat lebih menonjol:

BitCam

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Pada awal tahun 90-an, grafik yang ada begitu terbatas. Hanya mereka yang memiliki komputer di rumahnya yang bisa mendapatkan hal tersebut. Tidak seperti saat ini yang sudah banyak dimanjakan grafik 4K.

BitCam adalah aplikasi kamera sederhana yang meniru sistem operasi komputer jadul, seperti Classic Mac OS. Aplikasi ini mempunyai tiga tingkat piksel yang berbeda, FatBits, Standar, dan Super-Res. Grafis ini tidak gratis, namun untuk mendapatkannya Anda hanya perlu membayar US$1,99 atau sekitar Rp29 ribu.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

VHS Photo App

Dengan aplikasi ini penguna dapat mengambil foto atau mengedit foto yang sudah ada, lalu memberi efek 3D stereoskopis berwarna. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan sudut dan radius efek untuk mendapatkan gaya retro. Namun yang paling menyebalkan dari aplikasi ini ialah iklan yang tidak berhenti untuk muncul karena aplikasi disediakan secara gratis.

Camcorder-Record VHS Home Videos

Pada tahun 90-an scan lines dan VHS tape sempat merajai masa tersebut. Ada beberapa aplikasi camcorder VHS yang disediakan secara gratis, dan sebagian kecilnya berbayar. Namun camcorder ini dapat digunakan secara gratis untuk memberi kesan retro pada video Anda.

Video dalam rasio 4:3 akan ditandai dengan ciri khas mode 90-an, yaitu terdapatnya waktu dan tanggal. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan menandai video dengan garis-garis yang melintasi rekaman.

Famicam64

Meskipun generasi 90-an membawa grafis komputer 3D canggih, 2D sprite masih menguasai dunia game. Konsol game seperti NES, SNES, Sega Genesis dan Commodore 64 membuat seni berbasis sprite menjadi populer pada sekarang ini. Famicam64 membuat lusinan replika permainan dan komputer grafis yang berbeda dari era tersebut.

1967

Walaupun dinamai dengan 1967, aplikasi ini menyediakan filter yang banyak digunakan pada 90-an. Aplikasi ini dikenal karena tampilannya yang sederhana. Terdapat 10 filter gratis dan jika Anda membayar sebesar US$1,99 atau sekitar Rp29 ribu, maka pengguna akan mendapat 64 filter retro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya