9 Google Doodle Sambut HUT RI, Mana yang Indonesia Banget?

Bendera Merah Putih berkibar di banyak tempat setiap tanggal 17 Agustus.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Hari ini merupakan hari istimewa bagi bangsa Indonesia. Pada 73 tahun lalu, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari kolonialisme. 

Knowing Aminah Cendrakasih: Indonesian Artist Appears on Google Doodle

Hari istimewa ini tiap tahun diperingati Google Indonesia dalam bentuk doodle atau orat-oret di halaman pertama mesin pencarian. Sejak 2009, Google selalu menampilkan orat-oret bertema kemerdekaan RI. Nuansa doodle untuk tema HUT RI tiap tahun selalu berganti. Google pernah memasang doodle bertema lomba tujuh belasan, sampai tema bendera merah putih. 

Bagi kamu yang lupa, nih deretan doodle HUT RI 17 Agustus yang pernah muncul di Google: 

Google Officially Turns a Quarter of Century Today

2009

Sembilan tahun lalu, Google menampilkan doodle yang cukup sederhana, yakni nuansa merah putih pada halaman pertama Google. Nuansa kemerdekaan makin terlihat dengan munculnya bendera merah putih. Doodle ini hanya bisa dilihat oleh pengguna internet di Indonesia.

HUT ke-25 Google, Seperempat Abad Menuju Masa Depan

2010

Setahun berikutnya, nuansa merah putih masih mewarnai doodle Google yang memperingati HUT Kemerdekaaan Indonesia. 

Pada doodle edisi 2010 ini, nuansa merah putih makin lengkap dengan karakter Dewi Sri yang melambangkan kesuburan alam. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia.

 

2011

Doodle HUT RI edisi 2011 berbeda dengan dua edisi sebelumnya. Google memasang doodle dengan tema lomba panjat pinang yang populer untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia.

 

2012

Doodle dengan tema lomba tujuh belasan tampil pada edisi 2012. Lomba yang ditampilkan di doodle yakni balap karung, mengambil uang di semangka serta lomba makan kerupuk. Nuansa doodle ini lebih ramai. 

Untuk edisi ini, Google memberikan deskripsi profil geografis Indonesia. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia. 

2013

Doodle kemerdekaan edisi 2013 tampil sederhana. Google bernuansa merah putih yang mengapit lambang negara Indonesia. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia. 

2014

Memperingati kemerdekaan RI ke-69, Google memasang doodle yang menampilkan berbagai ikon rumah daerah, busana daerah sampai anak sekolah. 

Doodle ini merupakan karya ilustrator Tommy Chandra yang tinggal di Jakarta. Tommy mengilustrasikan doodle-nya dengan nuansa kebahagiaan anak-anak dalam upacara bendera. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia.

 

2015

Doodle kemerdekaan ini terbilang paling historis di antara doodle edisi kemerdekaan yang lainnya. 

Google menampilkan monumen pembacaan proklamasi kemerdekaraan RI yang sekarang lokasinya di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Pada doodle tersebut, tampil Soekarno dan Mohammad Hatta. Doodle ini merupakan karya dari Robinson Wood. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia.

 
2016

Google menampilkan doodle kemerdekaan yang bertema Paskibraka yang membawa bendera pusaka Sang Saka Merah Putih. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia. 

2017

Doodle edisi tahun ini menampilkan tema Bhinneka Tunggal Ika dalam bentuk enam orang dari berbagai suku berada di satu perahu. 

Doodle edisi 2017 ini dibuat oleh ilustrator dan desainer asal Bandung, Aditya Pratama yang telah banyak menghasilkan karya-karya seni. Doodle ini hanya bisa dijangkau oleh pengguna internet di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya