Kalashnikov Rex-1, Senapan Legendaris yang Bisa Blokir Sinyal Ponsel

Pencipta AK-47 Mikhail Timofeyevich Kalashnikov.
Sumber :
  • REUTERS/Sergei Karpukhin

VIVA – Perusahaan persenjataan Rusia, Kalashnikov, merilis Rex-1. Tapi, berbeda dengan senapan-senapan pada umumnya. Kalashnikov Rex-1 adalah senjata yang bisa memblokir drone sampai sinyal ponsel GSM, 3G dan 4G LTE.

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Disebut tactical anti-drone jammer gun, Rex-1 digunakan Pasukan Lintas Udara Rusia dalam latihan militer Vostok 2018.

Mengutip situs Sofmag, Jumat, 21 September 2018, untuk sinyal ponsel, Rex-1 mampu memblokir atau jamming di rentang frekuensi 800 Mhz, 1,8, 2,1, 2,4 sampai 5.8 Ghz.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Model operasinya seperti yang dipakai polisi maupun militer. Senjata pengacak ini mengganggu jaringan ponsel dengan memancarkan sinyal pada frekuensi yang sama, dengan tenaga yang cukup kuat, sehingga dua sinyal ini bertabrakan dan saling meniadakan.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya
Kalashnikov Rex-1.

Begitu pula dengan drone. Jika ada pesawat nirawak terbang di wilayah terlarang, maka Rex-1 langsung mengakusisi sinyal drone, untuk kemudian mengambilalih kendali drone untuk kemudian didaratkan dengan mulus atau smooth.

Secara keseluruhan, bobot Kalashnikov Rex-1 'hanya' 4,2 kilogram. Bobot tersebut sudah termasuk baterai dengan waktu pengoperasian tiga jam.

Komponen utama Rex-1 terdiri dari collimator sight, interchangeable GPS jamming modules, dan GLONASS navigation system.

Khusus modul GPS jamming, ini bisa diganti sesuai kebutuhan frekuensi yang disasar. Kelengkapan lain pada Rex-1 mencakup stroboscope untuk mengukur kecepatan obyek bergerak di udara, lalu ada laser sight untuk mendukung pembidikan sasaran, dan tak lupa, dilengkapi video recorder.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya