Mendiang Paul Allen, Sosok di Balik Penamaan Microsoft

Microsoft.
Sumber :
  • Yeshiva World News

VIVA – Mendiang Paul Allen (65) adalah sosok di balik penamaan Microsoft. Saat perusahaan teknologi itu berdiri pada 1975, mesin pertama yang diciptakan dinamakan new microcomputer atau Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS).

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Ini untuk membedakan dengan komputer berukuran besar pada saat itu. Dilansir dari NYTimes, Selasa, 16 Oktober 2018, Allen lalu bicara dengan Bill Gates membahas penamaan produk dan perusahaannya.

Kemudian, muncullah ide dengan nama 'Micro-Soft', karena perusahaannya membuat perangkat lunak atau software untuk komputer kecil.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Komputer tersebut yang hingga saat ini dikenal sebagai komputer personal atau PC. Produk pertamanya kala itu program dasar bahasa dan dirancang untuk mesin tanpa tenaga, Altair 8800.

Pada 26 November 1976, nama Microsoft terdaftar di Sekretaris Negara Bagian New Mexico, Amerika Serikat. Kantor internasional pertamanya didirikan pada 1 November 1978 di Jepang dengan nama ASCII Microsoft – sekarang disebut Microsoft Jepang.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Tepat 29 November 1979, nama 'Microsoft' pertama kali dipakai oleh Bill Gates hingga sekarang. Sejak 1975 hingga 1983, Allen bekerja sebagai vice president Research and New Product Development.

Ia akhirnya melepas jabatannya karena alasan kesehatan. Namun, Allen tetap menjadi pemegang saham terbesar dan juga bagian dari direksi serta komisaris Microsoft.

Paul Allen meninggal dunia pada Senin, 15 Oktober 2018 di usianya 65 tahun. Ia mengidap penyakit kanker Linfoma non-Hodgkin yang dideritanya sejak 2009.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya