10 Hal Simpel Runtuhkan Bumi Datar

Reka ilustrasi Bumi Datar
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Perdebatan tentang bentuk bumi tak berakhir. Ilmu pengetahuan sejauh ini membuktikan Bumi berbentuk bulat namun sebagian masih ada yang meyakini bentuk bumi sejatinya adalah datar. 

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Perdebatan itu mendorong astronom Amerika Serikat, Phil Plait untuk mengulasnya. Astronom yang berjuluk The Bad Astronomer menuturkan, teori bumi datar adalah kekonyolan. 

Dikutip dari laman Popular Science, Kamis 18 Oktober 2018, sebenarnya ada beberapa metode mudah untuk menampik klaim bumi datar. Berikut 10 cara untuk membuktikan bentuk bumi yang bulat: 

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Bulan

Seorang pengamat Bulan, Aristoteles memperhatikan selama Gerhana Bulan, bayangan di Bulan berbentuk permukaan bulat. Bayangan ini adalah planet bumi, dan hal tersebut adalah petunjuk besar mengenai bentuk bumi yang tidak datar. Bayangan oval di setiap peristiwa ini secara konsisten terus hadir. 

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Kapal dan cakrawala

Jika kamu memperhatikan kapal yang datang dari kejauhan, maka kapal terlihat seperti datang dari bawah laut. Berbeda jika bumi berbentuk datar, kapal akan terlihat datang dari cakrawala. Kamu bisa menguji coba menggunakan semut dan jeruk. 

Rasi bintang yang bervariasi

Filosof Aristoteles pada 384-322 SM menyatakan, bentuk bulat bumi dapat dilihat melalui rasi bintang yang berbeda. Hal itu terlihat saat seseorang menjauh dari khatulistiwa. Ketika seseorang berada di Mesir, rasi Siprus tidak terlihat di daerah utara, namun akan menghilang jika dia berada di daerah lain dan menemukan rasi bintang yang berbeda. 

Ilustrasi langit bertabur ribuan bintang

Bayangan dan tongkat

Jika kamu menancapkan tongkat di tanah maka akan menghasilkan bayangan. Bayangan akan bergerak seiring berjalannya waktu. Jika bumi datar, maka dua buah tongkat di lokasi yang berbeda akan menghasilkan bayangan yang sama.

Karena bumi bulat, maka kedua tongkat itu akan menghasilkan bayangan dan panjang yang berbeda.

Melihat kejauhan dari ketinggian

Semakin tinggi mendaki, maka semakin jauh objek yang terlihat. Bahkan ketika kamu berdiri di dataran yang jernih, tanpa ada halangan pohon dan rumah, maka akan terlihat ketinggian yang lebih besar daripada ketika kamu hanya berdiri di dataran rendah. Fenomena ini tidak akan terjadi apabila bumi datar.

Menumpang di pesawat

Penumpang yang melancong ke luar negeri, maka akan mengetahui dua fakta menarik tentang pesawat dan bumi. Pesawat dapat terbang dalam garis yang relatif lurus untuk waktu yang sangat lama dan tidak jatuh ke tepi mana pun. Mereka juga bisa mengelilingi bumi tanpa berhenti.

Planet lain

Ada beberapa karakteristik tertentu yang dimiliki oleh semua planet, dan akan sangat logis untuk berasumsi jika semua planet berperilaku dengan cara atau menunjukkan karakteristik tertentu. Semua planet sama-sama memiliki bentuk bulat. Planet datar akan menjadi pengamatan yang luar biasa dan akan menentang semua teori bumi bulat.

NASA temukan planet

Zona waktu

Bumi memiliki zona waktu karena ketika matahari menerangi satu sisi maka setengah dari bagian Bumi akan gelap. Jika matahari menyorot bumi datar, kita tidak akan melihat matahari menyorot melalui atas.

Gaya gravitasi

Gaya gravitasi antara dua benda bergantung pada massa dan jarak antara keduanya. Jika Bumi datar ketika kamu berdiri di tepi pesawat, maka gravitasi akan menarik ke arah samping, bukan bagian tengah. Tidak lurus seperti biasanya ketika berada di bumi bulat. Contoh mudahnya adalah ketika kamu menjatuhkan sesuatu, maka itu akan jatuh ke bawah, bukan ke samping.

Gambar dari luar angkasa

Dalam 60 tahun terakhir para astronom telah mengeksplorasi ruang angkasa. Mereka meluncurkan satelit dan orang-orang ke luar angkasa. Mereka banyak mengirimkan gambar, semua foto-foto bumi berbentuk bola, kelengkungan bumi juga turut terlihat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya