5 Aplikasi Alternatif jika WhatsApp Hadirkan Iklan

Logo WhatsApp.
Sumber :
  • www.whatsappbrand.com

VIVA – WhatsApp berencana menambahkan iklan pada fitur status aplikasi mereka. Kabarnya iklan ini mirip dengan yang muncul pada fitur Stories di Instagram. 

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Namun kabarnya yang beredar, iklan tersebut akan diterapkan pada platform iOS. Nah hadirnya iklan ini memang sangat drastis bagi aplikasi milik Facebook. Sebab pendiri WhatsApp, dahulu pernah menjamin platform ini bakal terus dan bersih dari iklan. 

Tapi belakangan, setelah dua pendiri WhatsApp telah hengkang dan meninggalkan Facebook, isu hadirnya iklan di WhatsApp itu kian kencang. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Nah bagi kamu yang mulai khawatir dengan iklan di WhatsApp, bila ada rencana untuk menggunakan aplikasi alternatif yang bebas iklan, setidaknya ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba. Dikutip dari Mybroadband, Senin 29 Oktober 2018, ada lima aplikasi yang bisa dijajal jika WhatsApp mulai menghadirkan iklan: 

Telegram

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Platform ini dikenal sebagai salah satu pesaing serius dari WhatsApp. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur keamanan privasi yang juga menjadi nilai pada WhatsApp. 

Bicara fitur privat, Telegram punya Secret Chat, enkripsi end to end, pencegah screenshot, dan aplikasi yang lenyap dalam waktu tertentu. 

Aplikasi ini tersedia lintas platform, yakni Android, iOS, Windows Phone, Windows, macOS, Web sampai Linux. 

Signal

Aplikasi ini tampilan antarmukanya sangat mirip dengan Telegram. Soal fitur privasi, aplikasi multi platform ini menggunakan enkripsi end to end untuk semua pesan. Signal juga menggunakan protokol enkripsi open source, artinya pesan dijamin lebih privasi. 

Signal juga punya fitur seperti WhatsApp, yakni voice call dan video call. Bedanya, pada Signal tidak tersedia emotikon. Signal tersedia di Android, iOS, Windows, macOS, Linux. 

Threema

Platform ini mendefinisikan diri sebagai aplikasi pesan instan yang fokus pada privasi. Threema menjamin pesan yang dikirim pengguna akan dihapus dari server mereka, tak lama setelah pesan terkirim. 

Aplikasi ini menawarkan enkripsi end to end untuk semua pesan teks, voice call, transfer file dan obrolan grup. 

Menariknya, pengguna aplikasi ini bisa mengunci obrolan tertentu dengan proteksi password. Pengguna tak perlu mendaftarkan nomor ponsel mereka untuk menggunakan platform ini, cukup memasukkan 8 digit yang dikirimkan untuk mendaftar. 

Threema tersedia pada Android, iOS, Windows Phone, dan web.

Wire

Aplikasi pesan instan ini tak jauh beda dengan yang lainnya. Cuma Wire hadir dengan antarmuka modern, enkripsi end to end untuk akun tertentu.

Aplikasi ini diciptakan oleh salah satu pendiri Skype, Janus Friss. Untuk memakai aplikasi ini perlu nomor ponsel atau email

Wire punya fitur unik yakni pengguna profesional atau personal. Untuk akun profesional, pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan administratif, konferensi video terenkripsi, dan ruangan obrolan khusus yang aman.  

Sedangkan akun personal tak memiliki fitur enkripsi end to end dan tak perlu butuh bandwidth yang berat. Tapi yang jelas aplikasi ini sepenuhnya bebas dari iklan. 

Semua metode komunikasi pada platform ini dilapisi enkripsi. Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, Windows, macOS?, Web, Linux

Status

Platform ini unik, salah satu aplikasi obroln smartphone yang menjalankan pada jaringan blockchain Ethereum. 

Penggunaan platform ini memungkinkan pengguna mengelola node Ethereum mereka pada smartphone dan memfungsikannya sebagai dompet uang digital serta platform obrolan yang terdesentralisasi dan tak bisa disensor.

Untuk mengamankan pesan, Status memakai protokol enkripsi end to end yang bernama Whisper. Karena menerapkan blockchain, pesan yang terkirim pada platform ini tanpa perlu
melalui server yang tersentralisasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya