Meluncur Sejak Februari Lalu, Kini Apa Kabar Starman di Luar Angkasa?

Starman di belakang kemudi mobil Tesla Roadster
Sumber :
  • Instagram/@elonmusk

VIVA – Petualangan Starman dan mobilnya, Tesla Roadster, di ruang angkasa terus berlanjut. Perjalanan antariksa di bawah proyek SpaceX itu kabarnya kini telah melewati planet Mars.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

SpaceX bahkan men-tweet gambar lokasi Starman yang menunjukkan ia berhasil melewati orbit Mars dan keluar menuju sabuk asteroid. 

Dilansir dari laman Digital Trends, Senin, 5 November 2018, Roket Falcon Heavy yang dikembangkan oleh perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, diluncurkan pada bulan Februari lalu. Muatannya tak biasa, yaitu mobil Tesla Roadster bersama manekin dingin Starman yang duduk di kursi pengemudi. 

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

Selama beberapa hari pertama perjalanannya, publik dapat menyaksikan siaran langsung Starman saat ia melayang dengan tenang melintasi angkasa. Tetapi setelah 14 Februari ia tidak lagi terlihat dari Bumi, karena telah melakukan perjalanan satu juta mil jauhnya dari planet kita. 

Meski tak terlihat karena jauh, hal itu tak menumpulkan penasaran publik dalam perjalanan Starman. Karena situs web tidak resmi seperti Where Is Roadsterhave muncul untuk mengumpulkan data tentang lokasi Starman dan merencanakan perjalanannya melalui tata surya.

Harganya Murah, Mobil Listrik Xiaomi SU7 Terjual 88 Ribu Unit dalam 24 Jam

Berita terbaru menunjukkan bahwa Starman sedang dalam perjalanan ke titik terjauh dari pusat tata surya, setelah memasuki orbit heliosentris elips yang akan mencapai jarak maksimum 1,66 unit astronomi atau sekitar 155 juta mil dari Matahari. Mobil harus mencapai titik ini sekitar 8 November, di mana titik itu akan berputar dan kembali ke arah Matahari.

Jika Anda berharap untuk melihat sekilas Starman di langit malam di atas Bumi maka Anda harus menyaksikannya pada 5 November 2020, ketika Starman akan melintas paling dekat ke Bumi lagi pada jarak 0,346 unit astronomi atau sekitar 531 juta mil, sesuai dengan model Where Is Roadster. 

Ini akan dilakukan setelah menyelesaikan orbit penuh Matahari, di mana ia akan berada di titik terjauh dari Bumi pada 16 Januari 2020 dengan jarak 2,336 unit astronomi atau 217 juta mil jauhnya.

Dalam tweet, SpaceX sempat berkelakar dan memasukkan referensi ke Panduan Hitchhiker ke Galaxy, bahwa pemberhentian Starman berikutnya adalah restoran di ujung alam semesta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya