Inilah Tahun Terburuk dalam Sejarah Manusia

Erupsi salah satu gunung berapi di Islandia pada 2014-2015
Sumber :
  • Instagram/@icelandiclavashow

VIVA – Kapan menurutmu tahun terburuk dalam sejarah umat manusia? apakah saat pecahnya Perang Dunia atau saat bencana dahsyat melanda di berbagai belahan dunia. Ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi dan menemukan tahun terburuk dalam sejarah umat manusia.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dilansir dari laman Metro, Senin 19 November 2018, sejarawan abad pertengahan Harvard Universitas Harvard Amerika Serikat, Michael McCormick mengklaim, 536 merupakan tahun paling mengerikan untuk manusia. Klaim itu merupakan hasil studi McCormick yang menjabat Ketua Science of the Human Past Universitas Harvard dengan glasiologi Climate Change Institute Universitas Maine Amerika Serikat, Paul Mayewski.

Pada tahun tersebut, selama 12 bulan terdapat kabut misterius yang menyelimuti Eropa, Tiongkok dan Timur Tengah. Membuat negeri-negeri di belahan dunia menjadi gelap mengerikan. Temperatur global merosot sampai tiga derajat celsius, menjadikan era tersebut sebagai tahun terdingin selama lebih dari 2.000 tahun.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Akibatnya, umat manusia di seluruh dunia menjadi kelaparan, lalu banyak populasi yang rentan terkena wabah pes atau wabah hitam. Wabah tersebut mematikan setengah dari populasi di Romawi Timur.   

Dalam studinya, kedua pakar itu berkolaborasi mengidentifikasi penyebab bencana pada 536 tersebut. Mereka berdua menemukan, terdapat letusan besar-besaran di Islandia pada awal 536, diikuti dua peristiwa dahsyat lagi pada 540 dan 547.

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Akibatnya sejumlah besar abu terlempar ke udara karena adanya letusan susulan, menyebabkan terulangnya kembali rantai peristiwa tenggelamnya Eropa, sampai matinya ekonomi hingga 640.

"Ini adalah awal dari salah satu periode terburuk untuk hidup, bukan hanya menjadi tahun terburuk," ujar McCormick.

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023