NASA Bikin Jet Supersonik Tanpa Suara Berkecepatan 1.500 Km/Jam

Ilustrasi jet supersonik.
Sumber :

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA sedang mengembangkan jet supersonik X-59 Quiet Supersonic Technology untuk mewujudkan perjalanan ke luar angkasa super cepat tanpa suara dengan tujuan komersial.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat 23 November 2018, bagian pertama pesawat ini sedang dibangun oleh tim dari Lockhead Martin's Skunk Works. Pesawat ini juga bagian dari program demonstrasi penerbangan rendah oleh NASA.

Jangka waktu pengembangan akan dikerjakan selama tiga tahun, dan setelahnya, akan menjadi penerbangan pertama bagi X-59. NASA telah mengonfirmasi akan membantu untuk pendanaan dan juga menetapkan jadwal bagi penerbangan perdana, yang rencananya dilakukan pada 2021.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Proyek ambisius ini juga penanda pesawat supersonik komersial yang dikembangkan Concorde telah dihapuskan. Keseluruhan proyek akan fokus untuk mengurangi suara keras akibat dentuman sonik ketika pesawat tinggal landas hingga mengangkasa.

NASA menginginkan suaranya menjadi lebih halus, dan jika bisa, menjadi tidak terdengar sama sekali. Pesawat supersonik X-59 ini akan terbang pada ketinggian 55 ribu kaki dan memiliki kecepatan hingga 940 mil per jam atau 1.512 km per jam. (ren)

Sampah China Diburu Amerika
Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023