Mendarat Mulus di Planet Mars, Ini Foto Pertama Robot InSight

Ilustrasi robot penjelajah InSight mendapat di Planet Mars
Sumber :
  • Twitter/@NASA

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA akhirnya mendaratkan robot penjelajahnya yang baru, InSight ke Planet Mars. Robot InSight masuk mendarat di Mars dengan kecepatan 19.795 kilometer per jam di di atmosfer Planet Merah tersebut. 

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Untuk lolos mulus dari atmosfer Planet Mars, robot InSight menghadapi ‘teror tujuh menit’ yakni mengembangkan parasut, melepaskan perisai panasnya dan mengaktifkan 12 mesin penurun yang memperlambat laju robot pendarat itu, sebelum mulus menyentuh permukaan Planet Mars. 

Begitu mendarat, InSight langsung menjalankan tugasnya. Dikutip dari laman Live Science, Rabu 28 November 2018, Kepala Ilmuwan NASA, Jim Green mengatakan, robot InSight langsung mengaktifkan instrumen dan mencari sinyal ke Bumi serta mengambil foto di sekitar titik pendaratan. 

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Teknisi sistem NASA, Rob Manning melaporkan, begitu mendarat tak beberapa lama robot InSight mengonfirmasi kondisinya baik-baik saja, berada dalam mode normal dan tidak ada persoalan. 

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Semenit setelah mendarat mulus di permukaan Mars, robot InSight membuka ‘matanya’, dan memotret lingkungan sekitar. Hasilnya foto pertama yakni nuansa sepetak tanah di depan robot tersebut. Objek fotonya yakni medan yang bebas dari batu. Pada foto memang terlihat buram, bintik hitam pada foto merupakan butiran debu yang menempel pada penutup lensa. 

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024