Ditakuti AS dan Israel, Ini 'Keangkeran' Rudal Jelajah S-400 Rusia

S-400 Triumf Rusia.
Sumber :
  • Hürriyet Daily News

VIVA – Amerika Serikat, Arab Saudi, Israel, dan sekutunya merasa gerah ketika mendengar nama sistem pertahanan anti-serangan udara buatan Rusia, S-400 Triumf.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Bahkan, mereka berani mengancam Qatar, Turki, dan India, jika benar-benar membeli sistem rudal berkode NATO SA-21 Growler tersebut. Arab Saudi misalnya, yang mengancam bakal mengerahkan angkatan perangnya ke Qatar jika mereka membeli S-400.

Kemudian, Amerika Serikat, yang juga memperingatkan Turki dan India untuk tidak membeli sistem rudal berharga US$400 juta atau Rp5,5 triliun per unitnya itu.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

S-400 merupakan alat utama sistem persenjataan angkatan bersenjata Rusia untuk membentengi wilayah udara di ibu kota Moskow, Kaliningrad di Baltik, dan Distrik Militer Timur.

Militer Rusia.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia
Parade militer Rusia.

Berita terbaru, Rusia mengerahkan S-400 ke Semenanjung Crimea, lantaran panasnya hubungan diplomatik dengan Ukraina. Lantas, seberapa 'angker' S-400 sampai-sampai negara lain tidak boleh memilikinya?

Mengutip Russia Today, Rabu, 28 November 2018, pesaing dari sistem pertahanan milik AS, Patroit, ini mampu merontokkan jet tempur dan drone lawan dari jarak 400 kilometer, serta rudal balistik dari jarak 60 kilometer.

Sistem ini terdiri dari radar multifungsi, sistem pendeteksi mandiri, rudal anti-serangan udara, tabung peluncur, dan kendaraan komando.

Dikatakan pula, setiap rudal yang ditembakkan dari sistem tersebut bisa melaju hingga 14 kali kecepatan suara yang mampu menghancurkan 36 sasaran secara simultan.

S-400 Triumf

S-400 Triumf.

Karena itulah, seperti dilansir dari National Interest, rudal yang dibuat pada akhir 1980-an ini diklaim lebih hebat dari Patriot. S-400 juga mampu menembakkan empat jenis rudal, tergantung target yang dihadapi, untuk memberikan pertahanan berlapis.

Rudal 48N6DM, misalnya, yang mampu mengejar target hingga jarak 250 kilometer. Sedangkan, rudal 40N6 memiliki jangkauan hingga 400 kilometer dan dilengkapi dengan radar aktif untuk mengendus target dari jarak jauh.

Rudal ini mampu mengatasi target yang memiliki kemampuan jamming sinyal radio seperti AWACS, J-Stars, dan EA-68. Bukan itu saja, S-400 dilengkapi dengan sistem kontrol dan komando mobile.

Operator dilengkapi dengan konsol berlayar LCD untuk memantau data hasil pengintaian udara dari tiap peluncur. Operator bisa mengikuti munculnya pesawat musuh dan rudal serta mengkoordinasikan cara mencegat dan menghancurkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya